Internasional

Ferrari Mental! Ini Mobil Termahal Sejagad, Tembus Rp 2 T

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
20 May 2022 15:35
Mercedes-Benz 300 SL Coupe from 1955 (picture alliance via Getty Image/picture alliance)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah mobil balap klasik besutan Mercedes-Benz, 300 SLR Uhlenhaut, baru-baru ini berhasil terjual dalam sebuah lelang. Mobil itu terjual dengan harga yang fantastis yakni senilai US$ 143 juta atau setara Rp 2,09 triliun.

Dengan nilai itu, mobil performa tinggi dua pintu yang dibuat pada tahun 1955 itu menjadi mobil paling mahal sejagat. Sebelum penjualan ini, mobil termahal yang dijual di lelang adalah Ferrari GTO 1963 yang dijual dengan banderol US$ 70 juta pada 2018 lalu.


Dalam laporan CNBC International, tawaran pembelian mobil itu dibuat oleh kolektor, penasihat, dan dealer mobil Inggris Simon Kidston atas nama klien yang tidak disebutkan namanya. Kidston melobi dewan Mercedes-Benz selama 18 bulan untuk mempertimbangkan menjual mobil klasik itu.

"Penjualan tersebut terjadi pada 5 Mei dalam sebuah lelang rahasia dan sangat tidak biasa di Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman. Hanya kolektor terpilih dan pelanggan Mercedes-Benz yang diundang untuk hadir," lapor Hagerty Insider seperti dikutip Jumat, (20/5/2022).

Mobil itu sendiri nyatanya tak hanya antik namun juga langka. Tercatat hanya ada dua unit 300 SLR Uhlenhaut Coupe saat ini di seluruh dunia. Selain itu, corak sejarah mobil yang dirancang Rudolf Uhlenhaut juga cukup panjang.

Desain 300 SLR Uhlenhaut Coupe didasarkan pada mobil Grand Prix W 196 R yang memenangkan dua Kejuaraan Dunia dengan pembalap Juan Manuel Fangio. 300 SLR memiliki mesin 3,0 liter yang lebih besar dan mampu mencapai 180 mph. Performa ini menjadikannya salah satu mobil legal jalanan tercepat saat itu.

Dengan keunikan dan sejarah ini, penjualan 300 SLR Uhlenhaut Coupe ini sontak mengejutkan banyak kolektor dunia. Pasalnya sangat sulit untuk melobi produsen berlogo bintang itu untuk melepaskannya.

Mercedes-Benz 300 SL Coupe from 1955 (picture alliance via Getty Image/picture alliance)Foto: Mercedes-Benz 300 SL Coupe from 1955 (picture alliance via Getty Image/picture alliance)
Mercedes-Benz 300 SL Coupe from 1955 (picture alliance via Getty Image/picture alliance)

"Masuk akal untuk mengatakan bahwa tidak ada yang pernah membayangkan bahwa mobil ini akan ditawarkan untuk dijual, jadi bagi Mercedes-Benz untuk meminta RM Sotheby's untuk melakukan pelelangan adalah suatu kehormatan mutlak," kata Peter Wallman, ketua perusahaan lelang RM Sotheby untuk Inggris dan EMEA.

Sotheby sendiri merupakan perusahaan yang dipercaya untuk mengadakan lelang itu. Sementara itu, Mercedes-Benz mengatakan akan menyumbangkan hasil untuk membuat dana untuk beasiswa dan penelitian pendidikan ke lingkungan dan dekarbonisasi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading