Juni Banjir Mobil Baru, Ada Wuling EV dan 'Penghancur' Avanza

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
03 June 2022 15:15
Wuling EV yang baru diperkenalkam ke masyarakat di Central Park Mall. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para agen tunggal pemegang merk (ATPM) mulai berani merilis mobil baru di bulan Juni ini. Beberapa bahkan sudah mengenalkannya pada awal bulan ini, diantaranya Daihatsu Sirion hingga mobil listrik mungil dari China, Wuling EV.

Keberanian para ATPM untuk merilis mobil baru tidak lepas dari sektor otomotif yang mulai bergeliat. Pada Maret 2022 lalu, penjualan mobil di RI melebihi dibanding waktu normal, bahkan hampir menyentuh angka 100 ribu unit, tepatnya 98.544 unit. Angka tersebut merupakan rekor selama pandemi.

Beberapa bulan berselang, pabrikan pun secara resmi merilis beberapa mobil barunya. Bukan satu atau dua pabrikan, sinyal peluncuran mobil baru di bulan Juni ini sedikitnya keluar dari empat pabrikan, berikut rinciannya:


Daihatsu Sirion

Daihatsu resmi meluncurkan New Sirion di Indonesia di Summarecon Mall Serpong, Tangerang pada hari ini (2/6/22). Mobil ini bakal berhadapan dengan tipe hatchback lainnya seperti Honda Brio.

Daihatsu New Sirion tersedia dalam 2 varian dengan transmisi D-CVT dengan harga masing-masing, yakni Rp227.600.000 untuk varian 1.3X, dan Rp 236.800.000 untuk varian 1.3R (harga OTR DKI Jakarta). Ada 3 perubahan utama yaitu desain, fitur serta kenyamanan.

"Ada tiga hal yang diperhatikan millennial dalam membeli kendaraan. Stylish, fun to drive, dan comfort. Oleh karena itu, Daihatsu menghadirkan New Sirion dengan tampilan sporty, didukung beragam fitur kekinian yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda dalam mendukung aktivitasnya sesuai dengan tagline-nya, Sahabat Muda," ujar Dendy Triyanto, Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Pada sisi eksterior, Sirion hadir dengan desain bumper, headlamp stylish, serta black outer mirror yang baru, sehingga tampil dengan nuansa advance energetic. Juga dilengkapi dengan transmisi D-CVT yang dapat meningkatkan akselerasi berkendara lebih responsif.

Dalam hal kenyamanan, New Sirion kini juga dilengkapi dengan air purifier agar kenyamanan berkendara jadi lebih maksimal karena sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin mobil. Fitur lainnya yakni Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu.

Wuling EV

Pabrikan mobil asal China Wuling resmi memperkenalkan mobil listrik mungilnya di Indonesia, yakni Wuling EV. Mobil ini sudah lama menjadi pembicaraan karena bentuknya yang unik dengan harga bakal terjangkau. Di media sosial penampakan sosok mobil listrik ini sempat viral.

Suzuki Ertiga. (Tangkapan layar via Instagram @suzukipasuruan.id)Foto: Suzuki Ertiga. (Tangkapan layar via Instagram @suzukipasuruan.id)
Suzuki Ertiga. (Tangkapan layar via Instagram @suzukipasuruan.id)

Meski sudah diperkenalkan, tapi masih sebatas bagian eksterior saja karena harga dan interior belum resmi dirilis. Desain bagian depannya yang futuristis dan unik, kendaraan listrik prototipe Wuling menggunakan Extended Horizon LED Daytime Running Light yang dikombinasikan dengan strip chrome serta trim hitam.

Desain LED DRL yang terlihat estetis ini memiliki aerodinamika yang baik. Kemudian, Illuminous Wuling logo pada bagian depan pun menambah kesan modern yang menjadikannya sangat berbeda di antara lini produk Wuling lainnya.

Beralih ke sisi samping, terdapat futuristic rearview mirror dengan desain seperti melayang namun tetap kokoh untuk memberikan kesan ringan. Aero-craft cabin window yang berada di baris kedua semakin mempertajam elemen masa depan kendaraan listrik Wuling ini. Bentuk jendela yang unik ini tentunya tidak hanya meningkatkan pengalaman berkendara namun juga unik dalam tampilan.

Secara keseluruhan, mobil listrik Wuling berbasis GSEV ini mengusung versatile compact design yang menjadikannya mudah digunakan dan dikendarai, serta mudah ketika diparkir oleh konsumen di berbagai kondisi lalu lintas perkotaan. Berkat kehadiran curved-tech body line yang dikombinasikan dengan minimalist dual-tone color scheme membuat kendaraan ini tampil stylish.

"Berkat perpaduan dari ukuran yang compact, desain future tech, serta kemudahan penggunaan, kendaraan listrik Wuling yang akan datang ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas serta menunjang gaya hidup modern para penggunanya di Indonesia, dengan mengutamakan kepraktisan dan fungsionalitas," terang Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani.

Sebagai informasi tambahan, Wuling EV ini akan diproduksi di fasilitas pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat untuk memenuhi permintaan domestik. Wuling pun sedang mempersiapkan ekosistem pendukung kendaraan listrik supaya dapat memberikan layanan yang terbaik ketika produk ini diluncurkan.

Daihatsu New Sirion 2022. (Ist)Foto: Daihatsu New Sirion 2022. (Ist)
Daihatsu New Sirion 2022. (Ist)

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki bakal merilis mobil baru satu pekan lagi atau 10 Juni mendatang. Pihak diler pun mengungkapkan bahwa mobil tersebut adalah Ertiga Hybrid yang juga bakal mengisi segmen MPV.

Tentu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander harus waspada terhadap 'calon predator' mematikan ini. Apalagi dari segi harga juga tergolong murah meskipun dari mobil berjenis semi listrik atau hybrid.

Pihak Diler mengungkapkan bahwa harga mobil ini dibanderol mulai dari Rp 270,3 juta untuk Ertiga Hybrid GX MT dan tipe tertinggi yakni Ertiga Hybrid GX AT di harga Rp 281,3 juta.

Salah satu pramuniaga Suzuki di Jakarta menyebut mobil ini bisa ditebus dengan DP atau uang muka pertama sebesar Rp 20 jutaan. Namun, jika bersedia untuk menaikkan nilai DP maka cicilannya bakal lebih ringan.

"Ertiga GX AT Smart Hybrid dengan DP Rp 24 juta angsuran Rp 5,212 juta selama 72 bulan atau Rp 5,797 juta selama 60 bulan," kata tenaga penjual kepada CNBC Indonesia.

Dengan budget sebesar itu, konsumen bisa mendapat sejumlah fitur. Ertiga Hybrid terbaru dikabarkan menyodorkan fitur canggih seperti engine auto stop, gear shift indicator (khusus transmisi manual), cruise control, ESP serta HCC. Kemudian ada dual SRS Airbag, ABS+ ABD, serta ISOFIX untuk keselamatan penumpang.

Sinyal kehadiran mobil baru ini muncul saat Suzuki Indonesia menebar teaser berupa gambar siluet sebuah mobil baru. Dalam gambar teaser itu tertulis tanggal 10 Juni 2022 yang menjadi hari peluncuran mobil baru tersebut.

Siluet ini seakan menyiratkan bahwa Suzuki bakal meluncurkan Suzuki Ertiga terbaru. Dari gambar siluetnya, mobil ini memiliki tampilan yang sporty dengan spoiler lips yang ceper.

Hyundai Stargazer

Hyundai nampaknya kian serius dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa mobil seperti Creta, Palisade hingga mobil listrik Ioniq 5, Hyundai juga bakal merilis mobil baru dalam waktu dekat. Nama yang santer terdengar adalah Hyundai Stargazer.

"Kalau cari MPV segmen low sayang kalau ngga Stargazer," kata pramuniaga beberapa waktu lalu.

Mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV) ini bakal masuk ke dalam segmen yang sama Bersama Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Keduanya menjadi raja mobil di tanah air dengan penjualan yang selalu tinggi tiap bulannya. Stargazer bakal masuk ke dalam pasar MPV yang gemuk.

Diler pun sudah mulai bersiap dalam menyambut, para tenaga penjual sudah mulai mendapat pelatihan, utamanya dalam pengenalan produk ini. Bukan tidak mungkin dalam waktu dekat diler juga sudah menerima tanda jadi bagi konsumen yang bakal memesan Stargazer.

Hyundai memang belum secara resmi menyebut spesifikasi Stargazer, namun diperkirakan mesin yang digunakan bakal sama dengan Hyundai Creta, yakni menggunakan mesin berkapasitas 1.497 CC yang dipadukan oleh transmisi manual 6 percepatan atau automatic bernama IVT (Inteligent Variable Transmission).

Tenaga yang bisa dihasilkan mobil pun mencapai 113,4 HP di 6.300 RPM dengan torsi mencapai 143,8 Nm di 4.500 RPM.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Gertak Sambal, 'Penghancur' Avanza Bakal Jadi Raja RI?


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading