Muncul Lagi Mobil Penghancur Avanza-Xpander, Siap Jadi Raja?

News - Ferry Sandi & Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
26 May 2022 07:30
Hyundai Stargazer (Instagram/gaadiwaadi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar otomotif segmen low MPV semakin memanas. Segmen yang telah dikuasai Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini dilaporkan akan kedatangan pesaing baru.

Produk baru itu datang dari Suzuki dan Hyundai. Untuk Suzuki, produsen yang berbasis di Hamamatsu, Jepang, itu bakal menghadirkan mobil baru berjenis elektrifikasi pada bulan Juni mendatang. Yakni Ertiga Hybrid.


Alih-alih dibanderol dengan harga mahal, nyatanya harga Ertiga Hybrid masih di bawah Rp 300 juta. Pihak diler pun sudah mengumumkan harga mobil ini, yakni untuk Ertiga Hybrid GX MT di angka Rp 270,3 juta dan Ertiga Hybrid GX AT di harga Rp 281,3 juta.

Namun, konsumen bisa mendapatkan harga lebih ringan karena bakal ada diskon diler. Nilai diskonnya sebesar Rp 17-20 juta bergantung waktu pemesanan. Jika memesan lebih cepat sebelum launching pada 10 Juni mendatang, maka harganya bakal lebih murah.

"Masa pre-launching ada diskon Rp 20 juta, yang Hybrid GX MT jadi Rp 250,3 juta, tapi setelah tanggal 10 Juni harganya jadi Rp 253,3 juta diskon Rp 17 juta," sebut tenaga penjual tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (26/5/2022).

Harga mobil bertipe hybrid ini tidak jauh berbeda dengan mobil bensin biasa. Harga All New Ertiga GX MT tipe bensin ialah sebesar Rp 258,8 juta, hanya berbeda Rp 11 juta jika dibandingkan harga normal Ertiga Hybrid.

Bahkan, jika dibandingkan dengan harga diskon, harga Ertiga Smart Hybrid lebih murah Rp 8,5 juta. "Masih tergolong terjangkau karena kita belum full EV, masih hybrid. Karena baterainya mahal yang full ya," kata tenaga penjual tersebut.

Sementara itu, Hyundai juga bakal hadir dengan Stargazer. Mobil ini kerap muncul dalam beberapa waktu terakhir, termasuk ketika tertangkap kamera Google Maps di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Hyundai belum secara resmi mengenalkan mobil ini, termasuk spesifikasi di dalamnya. Namun, dilansir dari Gaadiwaadi, mobil ini dibekali mesin bensin empat silinder 1,5 liter.

Dengan senjata ini, maka bakal menghasilkan tenaga maksimum 115 PS dan torsi puncak 144 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Hyundai Creta.

Selain itu, Stargazer juga diduga akan mendapatkan mesin diesel empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 PS dan torsi puncak 250 Nm. Dari sisi fitur, MPV ini kemungkinan bakal mendapat penyegaran yang sama yakni fitur integratif Hyundai SmartSense.

Sinyal kehadiran Stargazer makin kuat setelah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor permohonan DID2020072199 tertanggal 20 November 2022. Nilai NJKB dari tiap tipe berbeda, mulai dari yang terendah sebesar Rp 155 juta hingga yang tertinggi Rp 202 juta.

Selain itu, mobil ini juga tercatat dalam Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Dalam data tersebut, Hyundai Stargazer memiliki enam varian dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

3 Tahun Lagi, Avanza Cs Bekas Bakal Susah Didapat lho..


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading