Canggih, Suzuki Siapkan Mobil Baru untuk Hancurkan Avanza

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 May 2022 16:20
Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).
Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza tengah mendapat ancaman serius dari kompetitor di segmen low MPV dalam beberapa waktu terakhir. Setelah Mitsubishi Xpander mampu mengambil banyak 'kue' sejak 2017, Avanza juga kini diprediksi berhadapan dengan mobil baru diantaranya Suzuki Ertiga Hybrid.

Meski demikian, hingga kini tetap eksis menjadi raja mobil di tanah air. Penjualan Avanza di bulan April 2022 menempati posisi teratas. Avanza kembali menduduki mobil terlaris di RI dengan penjualan sebanyak 5.040 unit. Hal itu menegaskan julukan mobil sejuta umat karena selama belasan tahun Avanza selalu menjadi mobil terlaris.

Sebelumnya posisi Avanza selalu digeser oleh mobil lain, terutama sejak pemisahan akumulasi penjualan Avanza dan Veloz. Dulu, keduanya dihitung secara bersamaan sehingga mampu mengalahkan penjualan banyak mobil lain, sementara saat ini tidak, penjualan Avanza dan Veloz dihitung masing-masing.


Dari sisi produksi pun demikian. Avanza diproduksi Astra Daihatsu Motor, sementara Veloz diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

"Banyak konsumen butuh MPV tapi desain menginginkan SUV. Makanya Veloz kami pisah, tapi bukan berarti kami menyebut Veloz itu SUV," ujar Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, saat peluncuran All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz akhir tahun lalu.

Di tengah strategi TAM tersebut, nyatanya pabrikan lain juga tengah menyiapkan strategi. Juni nanti Suzuki bakal merilis mobil baru, yaitu Ertiga Hybrid.

Konsumen pun sudah bisa memesan mobil ini dari sekarang.

"Bulan depan (Juni) tanggal 10 bakal ada, pemesanan udah bisa dari sekarang," kata tenaga penjual Suzuki kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (24/5/22).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobil Ini Paling Banyak Dicari di Google Selama 2021, Avanza?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading