Internasional

Presiden Finlandia Telepon Putin, Pihaknya Gabung ke NATO!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
14 May 2022 21:10
The independent presidential candidate Sauli Niinisto speaks during his election reception in Helsinki, Finland, January 28, 2018. LEHTIKUVA/Jussi Nukari via REUTERS   ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO THIRD PARTY SALES. NOT FOR USE BY REUTERS THIRD PARTY DISTRIBUTORS. FINLAND OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN FINLAND.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai rencana Helsinki untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Dikutip Reuters, pernyataan itu langsung disampaikan kepada Putin melalui sambungan telepon.

Hal tersebut menuai reaksi keras dari Rusia yang seperti diketahui bahwa negaranya berbatasan langsung dengan Finlandia. Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia dalam responsnya menyebut langkah Finlandia akan menjadi ancaman bagi Moskow dan memperingatkan adanya aksi balasan.

Kementerian Luar Negeri Rusia dalam tanggapannya menyebut pernyataan yang dirilis Finlandia itu menandai 'perubahan radikal dalam kebijakan luar negeri' negara tersebut. Kementerian Luar Negeri Rusia juga memperingatkan adanya tindakan balasan terhadap Finlandia.


"Helsinki harus menyadari tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan semacam itu," tegas Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya dikutip CNN, Sabtu (14/5/2022).

Disebutkan Kementerian Luar Negeri Rusia bahwa bergabungnya Finlandia dengan NATO akan memicu kerusakan serius pada hubungan bilateral kedua negara, yang selama ini menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Eropa Utara.

"Rusia akan dipaksa mengambil langkah-langkah balasan, baik yang bersifat teknis militer dan lainnya, demi menghentikan ancaman terhadap keamanan nasionalnya yang muncul terkait hal ini," cetus Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan.

Diketahui pernyataan dukungan dari Niinisto sudah diperkirakan sebelumnya, terutama setelah pemerintah Finlandia baru-baru ini menyerahkan laporan kepada parlemen soal keamanan nasional yang isinya menguraikan jalan untuk bergabung aliansi NATO sebagai salah satu opsi.

"Keanggotaan NATO akan memperkuat keamanan Finlandia. Sebagai anggota NATO, Finlandia akan memperkuat seluruh aliansi pertahanan. Finlandia harus mendaftar keanggotaan NATO tanpa penundaan. Kami berharap langkah-langkah nasional masih diperlukan untuk membuat keputusan ini, yang akan diambil dengan cepat dalam beberapa hari ke depan," demikian bunyi pernyataan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Negara Ini Dapat Jaminan dari AS, Jadi Gabung NATO?


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading