Saat Suku Bunga Naik, Apa Efeknya Buat Wong Cilik?

News - Aulia Mutiara, CNBC Indonesia
11 May 2022 17:04
Ilustrasi Rupiah dan dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) dikabarkan siap menyesuaikan suku bunga acuan. Sinyal kenaikan BI 7 Day Reverse Repo Rate semakin kuat.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo memastikan respons kebijakan MH Thamrin akan tergantung dari penyebab inflasi yang terjadi dan tetap melakukan sejumlah upaya dalam meredam inflasi termasuk dengan memperkuat kerja sama dengan para stakeholder.

"BI terus memonitor resiko inflasi ke depan, besaran dan timing dari respons kebijakan moneter akan tergantung pada faktor-faktor penyebab inflasi. Jika tekanan inflasi, khususnya inflasi inti, dipandang permanen dan akan melampaui sasaran, BI siap mengambil langkah-langkah berikutnya termasuk penyesuaian suku bunga," tutur Dody, Selasa (10/5/2022), kepada CNBC Indonesia.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi inti pada April 2022 menembus angka 2,6% (yoy) yang merupakan rekor tertinggi sejak Mei 2020 atau dua tahun lalu di mana pada saat itu inflasi inti mencapai 2,65%. Secara tahunan, inflasi inti dan seluruh disagregasinya meningkat pada Maret 2022 dibanding bulan sebelumnya. Inflasi inti tercatat sebesar 2,37% (yoy) pada Maret 2022, lebih tinggi dibandingkan inflasi bulan lalu yang sebesar 2,03% (yoy).

Inflasi inti tahunan terus mengalami peningkatan. Keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 varian Omicron yang diikuti dengan kebijakan pelonggaran mobilitas ekonomi telah mendorong peningkatan permintaan masyarakat.

Peningkatan inflasi inti didorong oleh permintaan domestik yang semakin membaik seiring kebijakan pelonggaran mobilitas masyarakat, transmisi inflasi komoditas global yang terus berlanjut, di tengah stabilitas nilai tukar yang terjaga dan konsistensi kebijakan BI dalam mengarahkan ekspektasi inflasi.

Halaman Selanjutnya --> Punya Rumah Bakal Makin Susah?

Punya Rumah Bakal Makin Susah?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading