Internasional

Awas Perang Dunia! China Gelar Latihan Militer Dekat Taiwan

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
09 May 2022 12:10
A model of the Chinese Fighter aircraft is seen in front of Chinese and Taiwanese flags in this illustration taken, April 28, 2022. Picture taken April 28, 2022.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Militer China telah menggelar latihan militer pada pekan lalu di dekat wilayah Taiwan. Hal ini disampaikan langsung oleh Tentara Pembebasan Rakyat China pada Senin (9/5/2022).

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan angkatan laut dan angkatan udara melakukan latihan dari Jumat hingga Minggu di timur dan barat daya Taiwan. Latihan ini untuk menguji perpaduan layanan senjata antarkeduanya.


"Latihan ini untuk menguji lebih lanjut dan meningkatkan kemampuan tempur gabungan dari berbagai layanan dan senjata," tulis keterangan tersebut mengutip Reuters.

Hal serupa juga disampaikan oleh Taiwan. Angkatan udara Taipei mengatakan ada 18 pesawat tempur China yang memasuki zona pertahanan udaranya. Pesawat itu terdiri atas pesawat pengebom, pesawat tempur, dan pesawat anti-kapal selam.

Dalam beberapa bulan terakhir Taiwan menyebutkan bahwa ratusan pesawat milik China telah terbang memasuki zona pertahanan udaranya atau ADIZ. Ini sendiri merupakan rangkaian aksi Presiden China Xi Jinping dalam menyatakan bahwa Taiwan merupakan wilayah integral dari kedaulatannya.

Langkah China yang makin keras untuk mengklaim pulau itu mendapatkan perlawanan sengit dari pemerintah Taiwan. Taiwan tahun lalu menyetujui US$ 8,20 miliar dalam pengeluaran militer tambahan selama lima tahun ke depan.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen juga telah menjadikan modernisasi militer sebagai prioritas utama. Ia mendorong proyek-proyek pertahanan termasuk kapal perang siluman kelas baru dan kapal selam buatan sendiri.

Pada tahun 2022 saja, Taipei sepakat untuk membelanjakan 64% anggaran pertahanannya untuk senjata anti-kapal seperti sistem rudal darat dan kapal 'performa tinggi'.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Taiwan Siap Perang Lawan China


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading