Internasional

2 Pemimpin Negara NATO ke Ukraina Bertemu Zelensky, Ada Apa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 April 2022 20:57
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dari Kyiv, Ukraina, pada hari Senin (21/3/2022). (Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez dan PM Denmark Mette Frederiksen menyambangi Kyiv, Ukraina, pada hari Kamis (21/4/2022). Hal ini untuk memberikan dukungan bagi negara itu yang sedang diserang oleh Rusia.

Dalam laporan CNN International, keduanya dilaporkan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky. PM Sanchez dan PM Frederiksen lalu membagikan sebuah video pendek yang diposting dalam akun Twitter Sanchez.


"Ukraina mendapat dukungan, solidaritas, dan komitmen dari Spanyol," kata postingan itu.

Kantor Frederiksen menegaskan juga dalam akun Twitternya bahwa pihaknya dan Sanchez akan bertemu dengan Presiden Zelensky untuk memberikan dukungan nyata ke Ukraina.

"Mereka akan bertemu untuk membahas situasi saat ini di Ukraina, dukungan lebih lanjut untuk Ukraina dan penuntutan kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia sehubungan dengan invasi Rusia," kata kantor Frederiksen dalam sebuah pernyataan.

Denmark dan Spanyol sendiri merupakan anggota dari pakta pertahanan NATO. Ukraina sebenarnya berniat juga untuk bergabung dalam aliansi pimpinan Amerika Serikat (AS) itu namun ditentang dengan serangan sengit dari Rusia yang merupakan rival NATO.

Sementara itu, memanasnya situasi di Ukraina saat ini mulai bergeser ke arah Timur. Pasalnya Moskow mulai menarik pasukannya dari sekitaran Kyiv ke wilayah itu untuk membebaskan Donetsk dan Luhansk.

Meski begitu, militer Rusia juga mulai melumpuhkan kantong kekuatan Ukraina di sekitaran dua wilayah itu seperti di Mariupol. Saat ini kota itu sudah dikepung oleh Rusia dan Kremlin telah memberikan ultimatum kepada pasukan pro-Ukraina untuk menyerah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berbalik Arah! Presiden Ukraina Kecam NATO, Kenapa?


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading