Bayar Zakat Pakai QR Code, Simak Yuk Pesan Khusus Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 April 2022 11:47
Presiden Joko Widodo Melakukan Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Tahun 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Selasa (12/4/2022), menunaikan kewajibannya sebagai umat muslim untuk berzakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengimbau kepada seluruh pejabat, tak terkecuali petinggi perusahaan swasta untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas.


"Sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional dan teratur, serta berdampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kita," kata Jokowi.

Berdasarkan pemantauan melalui live streaming Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat menyerahkan zakat bersama Wakil Presiden KMaruf Amin dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat lainnya.

Presiden Joko Widodo Melakukan Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Tahun 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo Melakukan Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Tahun 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden).

Tampak terlihat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Jookwi tampak duduk di sebuah meja khusus penyetoran zakat yang sudah disiapkan. Jokowi tidak memberikan uang tunai secara langsung kepada petugas Baznas.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyerahkan zakat dengan cara memindai QR Code yang ada di meja petugas dengan gawai yang digenggam di tangannya.

Jokowi mengingatkan bahwa zakat merupakan kewajiban bagi umat islam untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan antar sesama. Dana tersebut diharapkan bisa berguna membantu masyarakat.

"Saya harapkan dana zakat yang dihimpun Baznas ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara kita terutama yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan juga membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Berduka, Sang Paman Pakde Miyono Meninggal Dunia


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading