Internasional

Menlu China dan Rusia Bertemu, Bahas Apa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
30 March 2022 15:04
In this photo released by Russian Foreign Ministry Press Service, Russian Foreign Minister Sergey Lavrov speaks to Sahiba Gafarova Chairman of the National Assembly of Azerbaijan during their meeting in Moscow, Russia, Wednesday, Sept. 23, 2020. (Russian Foreign Ministry Press Service via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi akan bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Viktorovich Lavrov di provinsi Anhui, China timur, Rabu (30/3/2022).

Menurut lembaga penyiaran negara CGTN, Menlu Rusia tersebut telah tiba lebih awal di China sebelum terjadi pembicaraan yang diselenggarakan oleh China di Afghanistan. Laporan itu tidak memberikan rincian lain tentang pertemuan mereka.


Pembicaraan di Afghanistan sendiri tidak hanya diikuti oleh China dan Rusia, tetapi juga akan mencakup perwakilan dari Taliban yang berkuasa di Afghanistan serta Pakistan, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan Tom West, perwakilan khusus AS untuk Afghanistan, akan menghadiri pertemuan terpisah di tempat sama yang disebut Extended Troika yang beranggotakan China, Rusia, dan AS serta Pakistan. Namun, pertemuan itu tidak termasuk Lavrov dan Wang.

Pembicaraan itu dilakukan dengan latar belakang serangan Rusia ke Ukraina. Ini bersamaan dengan krisis ekonomi dan kemanusiaan di Afghanistan yang diperburuk oleh penghentian bantuan keuangan menyusul pengambilalihan negara oleh Taliban.

AS percaya dengan berbagi dengan anggota Extended Troika lainnya, yang berkepentingan dengan Taliban, dapat memenuhi komitmen untuk membentuk pemerintah yang inklusif, bekerja sama dalam kontra terorisme, dan membangun kembali ekonomi Afghanistan.

Pekan lalu, Wang mengunjungi Kabul, di mana ia bertemu pejabat menlu Afghanistan Amir Khan Muttaqi untuk membahas hubungan politik dan ekonomi, termasuk mulai bekerja di sektor pertambangan dan kemungkinan peran Afghanistan dalam inisiatif infrastruktur Sabuk dan Jalan China. Muttaqi juga dijadwalkan menghadiri pertemuan di China.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Presiden China & Rusia Bertemu Siap Bangun Aliansi


(tfa/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading