Bisnis Hotel Happy, Mandalika Bakal 'Banjir' Acara Besar

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 March 2022 17:25
Luca Marini dari Mooney VR46 Racing Team, Alex Marquez dari LCR Honda dan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing beraksi saat balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022). (REUTERS/Willy Kurniawan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Holding BUMN yang bergerak di bidang aviasi dan pariwisata, Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) Dony Oskaria menjanjikan setiap bulan akan menyelenggarakan acara pada sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Hal ini dilakukan untuk mendorong perekonomian sekitar kawasan tumbuh.

"Sirkuit ini satu bagi dari mendatangkan traffic, kita dorong dengan event lain, tidak hanya internasional tapi domestik di Mandalika ini tiap bulan ada event yang akan mendatangkan traffic. Sehingga akomodasi akan tumbuh," kata Dony dalam Profit, CNBC Indonesia, Kamis (24/3/2022).

Nantinya dengan meningkatnya traffic kunjungan, menurut Dony dengan sendirinya akomodasi akan terbentuk di sekitar kawasan sirkuit. Saat ini bahkan sudah ada empat usulan kerja sama mengembangkan akomodasi atau hotel di kawasan ekonomi khusus Mandalika.


Belum lagi InJourney melalui anak usahanya, ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) memiliki 1.200 hektare di kawasan Ekonomi Khusus Mandalika ini.

"Harapannya dengan MotoGP, dan acara yang kita gulirkan akan semakin cepat tumbuh akomodasi baru. Dalam tiga tahun ke depan Mandalika akan punya wajah baru yang luar biasa. Ini lebih cepat dari pengembangan destinasi wilayah dimanapun," kata Dony.

Dony mengatakan sudah banyak bertemu dengan pengusaha hotel dan restoran untuk bekerja sama merencanakan pengembangan Mandalika ke depan. Menurut dia Daerah Mandalika ini unik karena memiliki bukit, pantai, teluk da sebagainya yang menunjang ekosistem yang baik bagi restoran dan bar.

"Masyarakat juga menerima kehadiran wisatawan mancanegara di Mandalika. Sehingga ini punya prospek destinasi pariwisata yang bisa menghasilkan devisa bagi negara," katanya.

Dony pun yakin tahun depan traffic kunjungan wisatawan di Mandalika bisa melonjak 2,5 kali lipat dari 2019 saat kondisi pariwisata sudah membaik, dimana Indonesia benar -benar menyelesaikan masalah pandemi.

"Kita pantau kedatangan wisatawan minggu depan pada week end akan naik 3 kali lipat pasca MotoGP, sedangkan satu tahun ke depan setelah kondisi Covid membaik, pariwisata membaik. Kami harapkan bisa melonjak 2,5 kali lipat dibanding 2019 di Mandalika," kata Dony. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Balap, Okupansi Hotel di Mandalika 'Meledak' Sampai 90%


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading