Mobil Bekas Mulai Rebound, Harga Honda Jazz 'Beterbangan'

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 March 2022 19:00
honda jazz

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar mobil bekas mulai ada tanda-tanda rebound setelah dua tahun mengalami tekanan. Beberapa mobil seperti SUV premium seperti Fortuner dan Pajero mengalami tren kenaikan karena ada kenaikan permintaan. Apalagi insentif diskon PPnBM sudah berakhir.

Harga mobil bekas Honda Jazz misalnya, melambung tinggi usai Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan untuk tidak memproduksinya lagi. Sonny Jaya Saputra, Pemilik gerai Mobkas 25 Mobilindo yang berlokasi di Bez Auto Center Gading Serpong, Tangerang menyebut penyebab kenaikan harga akibat peminat di pasaran cukup besar.

"Jazz model baru udah nggak produksi, jadi banyak peminat yang mau model gitu, karena Jazz ngga keluar produksi lagi, diganti City yang bentuknya ngga sporty kaya anak muda. Jadi orang cari cari mobil-mobil Jazz tahun 2016 ke atas, akibatnya harga mobilnya spesial," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/3/22).


Sesuai hukum permintaan dan penawaran, keterbatasan stok sementara minat di masyarakat cukup besar membuat harga mobil bekas ini menjadi tinggi. Di sisi lain, branding pengguna mobil ini yang didominasi anak muda juga menambah nilainya di pasaran. Alhasil terlihat dari harga mobil bekas tersebut yang mendekati harga mobil baru.

"Honda Jazz 2018 pedagang beli di angka Rp 235 juta, padahal dulu beli Rp 260 juta. Berarti kita jual Rp 250 juta dong, kaya harga dia beli kan," kata Sonny.

HPM memang sudah tidak lagi memproduksi Honda Jazz. Berdasarkan data produksi Gaikindo, Honda Jazz terakhir diproduksi pada Desember 2020 lalu, catatannya tidak ada lagi pada Januari 2021. Namun pada tahun lalu HPM mengumumkan sudah tidak lagi menjual atau mengimpor mobil ini.

Jazz sudah dijual di Indonesia sejak 2003 menggunakan suplai unit impor CBU dari Thailand, HPM memutuskan memproduksinya di dalam negeri mulai 2014 di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Kondisi yang terjadi pada Jazz juga mirip seperti saudaranya, yakni Honda Freed. HPM sudah tidak menjual mobil MPV ini sejak 2016 lalu. Akibatnya harga mobil bekas ini pun menanjak.

"Sama seperti sebelumnya Honda Freed itu angkanya juga nggak masuk akal. Masa Freed lama harganya sama dengan Sienta baru. Sienta 2017 harganya sama dengan Freed 2013, sejajar. Freed 2013 dijual Rp 160-170 juta untuk tipe tertinggi, Sienta baru saya jual segitu juga yang tahun 2017, market adanya gitu. Sedangkan Freed 2015 masih jual di angka Rp 230-240 juta," ujar Sonny.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Terdampak Pandemi, Ini Mobil Bekas Paling Laris di RI


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading