6 Gubernur Absen Undangan Jokowi ke IKN, Pada Ke Mana?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 March 2022 13:58
Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 6 gubernur absen dalam prosesi ritual bernama Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di titik nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengonfirmasi bahwa ketidakhadiran para gubernur tersebut bukan tanpa alasan. Gubernur yang tidak memenuhi undangan dikarenakan sakit.


"Semua ijin karena kesehatannya kurang fit," kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (14/3/2022).

Berdasarkan pemantauan melalui live streaming Youtube Sekretariat Presiden, mereka adalah Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas mengutus Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Papua Y. Derek Hagemu.

Kemudian, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Mereka mengutus wakilnya yakni Andika Hazrumy dan Abdul Fatah.

Tak hanya itu, Gubernur Bali Wayan Koster pun tak nampak, dan menugaskan wakilnya Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran juga diwakili oleh wakilnya yakni Edy Pratowo.

Terakhir, kepala daerah yang tidak memenuhi undangan Jokowi adalah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Ia diwakili oleh Idris Rahim, Wakil Gubernur Gorontalo.

Dengan demikian, praktis hanya 28 gubernur yang memenuhi undangan Jokowi dan mengikuti proses ritual Kendi Nusantara. Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang pertama menyerahkan tanah dan air.

Prosesi penyatuan tanah dan air ke dalam gentong ini merupakan sebuah ritual bernama Kendi Nusantara. Prosesi ini mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Siapkan 'Kejutan' di Ibu Kota Baru, Siapa Penasaran?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading