Jokowi Siapkan 'Kejutan' di Ibu Kota Baru, Siapa Penasaran?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 February 2022 10:30
Terungkap! Bangun Ibu Kota Baru Mayoritas Bakal Pakai APBN

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan menyiapkan kejutan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pidato kunci dalam pagelaran Mandiri Investment Forum yang dihelat secara virtual, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (9/2/2022).

"IKN Nusantara akan kita jadikan showcase transformasi baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi dan lain-lain termasuk pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan fokus pemerintah adalah membangun ekosistem semi konduktor. Selain itu, pemerintah juga akan fokus pada pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Green industrial park di Kaltara akan menjadi showcase utama dan titik penting transformasi ekonomi Indonesia," katanya.

"Kita akan mendorong pentingnya penerapan enviromental social dan governance dalam berbagai aktivitas ekonomi, dan secara bertahap beralih kepada sumber terbarukan mewujudkan ekonomi hijau," tegasnya.

Jokowi menegaskan bahwa reformasi struktural menjadi kunci dalam mengarahkan kebijakan ekonomi nasional untuk meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian.

"Untuk meningkatkan nilai tambah, memacu produktivitas, meningkatkan investasi serta membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sstt..!! Jokowi Umumkan Bos Ibu Kota Negara Bulan Depan


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading