Fogging Sampai Bisa Anti-Ular Disiapkan di Area Kemah Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 March 2022 12:02
Bukit Bodogol, Sukabumi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aparat TNI-Polri memastikan akan menerjunkan ribuan personel untuk mengawal acara kemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di lokasi Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sebanyak 2.064 personel TNI-Polri akan disebar mulai dari Hotel Novotel Balikpapan hingga lokasi kemah Jokowi di dekat IKN. Ini belum ditambah dengan personel dari unsur keamanan pemerintah daerah.


Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang nantinya secara khusus mengamankan area ring 1 mengaku telah menyiapkan berbagai kepentingan keamanan untuk menunjang proses pengamanan di lokasi kemah Presiden Jokowi.

"Kita laksanakan pencegahan malaria dan di-fogging, lalu keamanan lainnya di sekitaran tenda, terutama di sekitar VIP, kita sebarkan garam dan sebagainya untuk antisipasi binatang melata. Dan kita siapkan bisa anti-ular yang akan berguna. Mudah-mudahan tak terpakai," kata Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo

Tri sekaligus menekankan bahwa seluruh pihak yang mengikuti kegiatan yang harus dipastikan telah mengikuti tes PCR. Paspampres memastikan protokol kesehatan akan tetap dijalankan secara ketat.

"Jadi protokol kesehatan tetap kita laksanakan di sana meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan yang mungkin udara juga cukup, tetapi itu sudah menjadi protap bagi kami siapapun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat," katanya.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto mengemukakan aparat akan menerjunkan polisi lalu lintas hingga intelijen. Para polisi akan ditugaskan di sepanjang jalan menuju lokasi kemah.

"Alhamdulillah finalnya kemarin dipimpin Bapak Pangdam, kita kurang lebih mengerahkan 1.300an melibatkan unsur lalu lintas, terutama intelijen," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Siapkan 'Kejutan' di Ibu Kota Baru, Siapa Penasaran?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading