Jokowi Camping di IKN, Ribuan Aparat Diterjunkan Tiap Sudut

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 March 2022 11:34
Event dari Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara, 14 Maret 2022 (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aparat TNI-Polri memastikan akan menerjunkan ribuan personel untuk mengawal acara kemah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di lokasi Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso mengemukakan sekitar 2.064 personel TNI-Polri akan disebar mulai dari Hotel Novotel Balikpapan hingga lokasi kemah Jokowi di dekat IKN.


"Secara keseluruhan 2.064 orang terdiri dari TNI, kepolisian, dan ditambah dengan unsur pemerintah daerah," kata Teguh dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (14/3/2022).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilangsungkan pada Senin-Selasa, 14-15 Maret 2022. Agenda pada Senin (14/3) diawali dengan kunjungan Presiden ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilangsungkan pada Senin-Selasa, 14-15 Maret 2022. Agenda pada Senin (14/3) diawali dengan kunjungan Presiden ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Timur yang akan dilangsungkan pada Senin-Selasa, 14-15 Maret 2022. Agenda pada Senin (14/3) diawali dengan kunjungan Presiden ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Teguh mengemukakan kawasan ring 1 yang merupakan lokasi kemah Jokowi akan dijaga ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sementara ring 2 akan dijaga oleh TNI-Polri dan tenaga pengamanan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Imam Sugianto mengemukakan aparat akan menerjunkan polisi lalu lintas hingga intelijen. Para polisi akan ditugaskan di sepanjang jalan menuju lokasi kemah.

"Alhamdulillah finalnya kemarin dipimpin Bapak Pangdam, kita kurang lebih mengerahkan 1.300an melibatkan unsur lalu lintas, terutama intelijen," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menekankan bahwa seluruh pihak yang mengikuti kegiatan harus dipastikan telah mengikuti tes PCR.

"Semua personel nanti yang akan masuk ke IKN memang kami wajibkan terutama yang sudah merapat harus melalui swab. Jadi protokol kesehatan tetap kita laksanakan di sana meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan yang mungkin udara juga cukup, tetapi itu sudah menjadi protap bagi kami siapapun yang merapat di sekitaran Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Siapkan 'Kejutan' di Ibu Kota Baru, Siapa Penasaran?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading