Internasional

Nah Loh! China Tolak Bantu Rusia Pasok Suku Cadang Pesawat

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
11 March 2022 09:30
Chinese President Xi Jinping speaks at an event marking the 40th anniversary of China's reform and opening up at the Great Hall of the People in Beijing, China December 18, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - China menolak memasok suku cadang pesawat ke maskapai Rusia. Ini terjadi di tengah gempuran sanksi Barat ke Rusia karena menyerang Ukraina sejakĀ 24 Februari lalu.

Seorang pejabat di otoritas penerbangan Rusia Rosaviatsia, Valery Kudinov, mengatakan bahwa Moksow akan mencari peluang untuk mendapatkan suku cadang dari negara-negara lain. "Termasuk Turki dan India setelah upaya gagal untuk mendapatkannya dari China," ujarnya yang bertanggung jawab untuk menjaga kelaikan udara pesawat, dikutip Reuters dari Interfax Jumat (11/3/2022).


Belum diketahui alasan China melakukan itu. Negeri Xi Jinping belum memberi konfirmasi.

Tapi sebelumnya, China akan mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat (AS) jika mengabaikan hukuman Barat yang telah diberikan ke Rusia. Hal ini dikatakan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, dalam sebuah wawancara di CNBC International.

"Ini bukan hanya perusahaan China," tegasnya.

"Kami serius tentang kontrol ekspor ini. Kami bermaksud untuk memberlakukannya terhadap perusahaan dan negara mana pun."

Ia juga mengatakan hal serupa dalam wawancara dengan New York Times. Bahwa Kementerian Perdagangan AS dapat mengambil tindakan yang "menghancurkan" terhadap perusahaan-perusahaan China jika mengekspor barang ke Rusia.

Akibat sanksi, Rusia pada Kamis telah membuat rancangan undang-undang untuk memerintahkan maskapai penerbangan domestik membayar pesawat sewaan dalam rubel. Negeri itu juga dapat melarang maskapai mengembalikan pesawat ke perusahaan asing jika sewa dibatalkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Takut Kayak Ukraina, Negara Asia Ini Perkuat Latihan Militer


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading