Duh Mohon Maaf! Pekerja Kategori Ini Tak Kebagian JKP

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
07 March 2022 11:15
cover topik/ Pesangon PHK_dalam

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan sudah merilis program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Ini adalah program yang ditujukan bagi pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Program ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Dimana ada tiga manfaat yang bisa diterima pekerja/buruh yang kehilangan pekerjaan.


Pertama, manfaat uang tunai yang diberikan selama enam bulan setelah PHK dengan besaran nilai 45% di 3 bulan pertama dan 25% di 3 bulan berikutnya dari nominal upah terakhir.

Kedua, manfaat akses informasi yang diberikan dalam bentuk layanan. Informasi pasar kerja yang diberikan dalam bentuk penyediaan data lowongan pekerjaan serta bimbingan jabatan yang diberikan dalam bentuk assessment diri dan konseling karir.

Ketiga, manfaat pelatihan kerja yang dilakukan melalui lembaga Pelatihan Kerja milik pemerintah, swasta ataupun perusahaan.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pekerja/buruh bisa mendapatkan manfaat program ini. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan program ini.

1. Peserta terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah (PPU) di BPJS Ketenagakerjaan

2. Manfaat JKP dapat diajukan peserta setelah memiliki masa iuran paling sedikit 12 bulan (1 tahun) dalam 24 bulan (2 tahun).

3. Peserta harus telah membayar iuran paling singkat 6 bulan berturut-turut pada BPJS Ketenagakerjaan sebelum terjadi PHK.

Jika peserta memenuhi kriteria dan dilakukan PHK maka bisa mengajukan klaim manfaat dengan dokumen yang membuktikan bahwa peserta telah di PHK.

Selain itu, manfaat JKP hanya berlaku bagi peserta yang mengalami PHK sebelum jatuh masa kontrak atau waktu perjanjian dengan perusahaan.

Manfaat program JKP tidak berlaku bagi pekerja yang:

1. Mengundurkan diri

2. Cacat total tetap

3. Pensiun

4. Meninggal dunia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aturan Baru: Gaji Pekerja Rp 5 Juta dapat JKP Rp 10 Juta


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading