Bos Lemhannas Andi Widjajanto Ungkap Petuah Jokowi-Megawati

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 February 2022 12:47
Andi Widjayanto (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Andi Widjajanto untuk pertama kalinya buka suara setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Berbicara usai pelantikan, Andi mengaku mendapatkan arahan langsung dari dua orang penting di Indonesia, baik itu saat sudah menjadi gubernur maupun sebelum dilantik.


Kedua sosok penting tersebut adalah Jokowi, dan Ketua Dewan Pengarah Dewan Pembina Ideologi Pancasila sekaligus Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional Megawati Soekarnoputri.

Jokowi, kata, Andi menginstruksikan untuk melakukan penguatan transformasi Lemhannas sesuai dengan situasi dan tantangan geopolitik yang terjadi masa depan.

"Sehingga Lemhannas bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan untuk mencetak kepentingan nasional dan jadi dapur strategis bagi presiden untuk isu lokal, regional, dan global," kata Andi dalam keterangan pers secara virtual, Senin (21/2/2022).

Lantas, apa petuah Megawati Soekarnoputri kepada eks Sekretariat Kabinet itu? Andi mengatakan, petuah yang disampaikan Megawati sebelum dirinya dilantik sebagai gubernur Lemhannas.

"[Pesan Megawati] agar menjalankan amanat sebagai gubernur Lemhannas ini dengan tetap berpegang pada ideologi Pancasila lalu berusaha menampung gagasan besar Bung Karno bersama dengan pemikiran strategis tokoh bangsa sebagai pijakan," kata Andi.

"itu tugas yang diberikan kepada saya dan dengan perangkat yang ada di Lemhannas, agar berusaha secepat-cepatnya mencapai tugas itu bisa segera terealisasi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi akan Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading