Gubernur Lemhannas Baru

Andi Widjajanto, Eks Seskab yang Identik dengan Topi Fedora

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
21 February 2022 12:31
Andi Widjayanto (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andi Widjajanto sebagai gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)l di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Andi Widjajanto menjadi gubernur Lemhanas setelah menggantikan posisi Agus Widjojo yang beberapa waktu lalu terpilih menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Fillipina.


Pria yang identik dengan 'topi fedora-nya' itu bukanlah sosok yang baru di lingkaran pemerintah Jokowi sejak 2014. Andi Widjajanto tercatat pernah mengisi sejumlah posisi strategis di pemerintahan Jokowi.

Nama Andi Widjajanto pertama kali dikenal sebagai Deputi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pada 2014 lalu. Setelah itu, yang bersangkutan ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet terhitung sejak 3 November 2014.

Namun, posisi tersebut tak bertahan lama. Tak sampai satu tahun, Andi Widjajanto 'terdepak' dan digantikan oleh Pramono Anung pada 12 Agustus 2015 hingga saat ini.

Pelantikan Gubernur Lemhannas RI dan Kepala Badan Pangan Nasional, 21 Februari 2022 (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)Foto: Andi Widjajanto dilantik sebagai Gubernur Lemhannas, 21 Februari 2022 (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Meski demikian, bukan berarti Andi Widjajanto tak lagi berada di lingkaran Jokowi. Anak politikus senior PDIP Mayjen TNI (Purn) Theo Syafei itu sebelumnya diangkat sebagai Penasihat Kepala Staf Kepresidenan pada 2016.

Andi Widjajanto sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang luas, mulai dari FISIP jurusan HI di Universitas Indonesia. Ia juga tercatat mendapatkan gelar sarjana dari School of Oriental dan African Studies University of London.

Bahkan, ia juga mendapatkan gelar Master of Sciences dari London School of Economics sekaligus Master of Sciences dari Industrial College of Armed Forces Washington DC pada 2003.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Andi Widjajanto Resmi Jabat Gubernur Lemhannas


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading