Setelah Dua Tahun, Vietnam Buka Pariwisata Untuk Turis Asing

News - Novina, CNBC Indonesia
16 February 2022 20:45
ho chi min (Vietnambriefing)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vietnam memutuskan membuka kembali negaranya untuk wisatawan asing. Kebijakan itu akan dimulai pada 15 Maret 2022 mendatang.

Otoritas setempat mengumumkan akan mulai mengeluarkan visa dan menerima kedatangan wisatawan asing mulai pertengahan bulan depan, dikutip dari AFP, Rabu (15/2/2022). Selama dua tahun terakhir, Vietnam menutup pintu masuk negaranya sejak Maret 2020. Jelas keputusan itu menghancurkan sektor wisata yang sedang berkembang bernilai US$32miliar.

Kebijakan membuka pintu untuk turis asing diumumkan selang sehari setelah Vietnam mencabut pembatasan semua penerbangan internasional. Hal ini juga menyusul keputusan pemerintah secara perlahan melonggarkan pembatasan pandemi dalam beberapa bulan terakhir.


Turis asing yang masuk ke Vietnam diharuskan sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Selain itu, turis asing juga menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan serta saat kedatangan.

Dalam pernyataan resmi, Pemerintah Vietnam meminta semua turis memiliki asurasi kesehatan Covid-19 senilai US$10 ribu. Namun menurut AFP, belum jelas apakah orang yang masuk ke negara itu harus karantina tiga hari di hotel atau rumah.

Pemilik hotel, Nguyen Dinh Toi terpaksa menutup bisnisnya di Sapa, Ha Long Bay dan Hanoi karena pembatasan perbatasan akibat pandemi. Dampak lain, dia harus memberhentikan 300 stafnya.

Nguyen meminta otoritas bisa memberikan pedoman yang jelas soal pembukaan kembali negaranya. Selain juga prosedur terkait kebersihan.

Sebagai informasi, Vietnam mencatat lebih dari 20 ribu kasus corona baru setiap hari. Sejak awal pandemi total kasus 2,5 juta dan 40 ribu kematian.

Sementara untuk laju vaksinasi, lebih dari 90% orang dewasa sudah melengkapi vaksinasi Covid-19. Pemerintah juga mempertimbangkan memberikan vaksin pada remaja muda untuk mempercepat pemberian dosis booster.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kala Lockdown Vietnam Bawa Hoki Buat RI


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading