Internasional

Awas Es Greenland Terus Mencair, Bisa Tenggelamkan AS

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
04 February 2022 13:05
Icebergs are seen at the Disko Bay close to Ilulisat, Greenland, September 14, 2021. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Lapisan es besar Greenland mencair. Bahkan selama 20 tahun terakhir, Greenland telah kehilangan cukup es untuk "menenggelamkan" seluruh daratan Amerika Serikat (AS) hingga setengah meter.

Hal ini terungkap dari penelitian terbaru Denmark, Polar Portal. Iklim memanas lebih cepat, tiga hingga empat kali rata-rata global, di Kutub Utara menyebabkan faktor utama es mencair dan kenaikan air laut.


"Sejak pengukuran dimulai pada tahun 2002, lapisan es Greenland telah kehilangan sekitar 4.700 miliar ton es," kata Polar Portal dikutip dari NDTV, Jumat (4/2/2022).

"Ini mewakili 4.700 kilometer kubik air yang meleleh, cukup untuk menutupi seluruh AS setengah meter, dan telah berkontribusi pada 1,2 sentimeter untuk kenaikan permukaan laut," kata proyek pemantauan Arktik itu menambahkan.

Temuan ini sendiri didasarkan pada citra satelit dari program GRACE AS-Jerman, program pemulihan gravitasi dan eksperimen iklim. Diperlihatkan bagaimana pantai barat Greenland sangat terpengaruh.

Menurut ilmuwan, lapisan es Greenland setidaknya mengandung cukup air untuk menaikkan air laut hinge tujuh meter. Sementara lapisan es Antartika di Kutub Selatan, jika mencair, bisa menaikkan air laut hingga 50 meter.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Orang Ramai-ramai Bugil di Israel, Ada Apa?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading