Internasional

Viral Malaysia Longsor: Jalanan Retak, Mobil Sampai "Jeblos"

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 January 2022 12:05
Longsor di malaysia (Tangkapan Layar video via twitter @Brave_spirit81)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bencana longsor terjadi di Lestari Perdana di Seri Kembangan, Selangor, Malaysia. Jalan patah dan kendaraan rusak akibat terperosok.

Kejadian ini berlangsung Selasa (25/1/2022) sore waktu setempat. Otoritas setempat mengatakan tak ada korban jiwa.


"Berdasarkan laporan awal, longsor yang terjadi di dekat saluran air menyebabkan bahu jalan ambruk dan merusak lima kendaraan. Departemen kami masih memantau lokasi dan tidak ada korban yang dilaporkan," kata Direktur Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor Norazam Khamis, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Star.

Toko-toko di dekat tanah longsor telah diperintahkan tutup sementara. Hal ini untuk mencegah terjadinya longsor susulan.

"Area di sini melibatkan setidaknya 17 tempat, dan ini untuk keselamatan mereka. Kami telah memberi tahu pemilik bahwa bisnis mereka perlu dihentikan, dan kami meminta kerja sama mereka," kata pejabat setempatĀ A. A. Anbalagan.

"Dinding penahan sementara sedang dibangun dengan tumpukan lembaran, dan solusi jangka panjang sedang dilihat. Pemasangan sheet pile berukuran sekitar 150 meter itu diperkirakan memakan waktu setidaknya satu minggu."

Seorang saksi mata mengatakan sebelum terjadinya longsor, terlihat ada banyak retakan di jalan. Ia mengatakan warga sekitar hanya punya waktu untuk memindahkan 10 mobil.

"Kami mulai melihat retakan di tanah sekitar pukul 17.30 dan kami melakukan apa yang kami bisa," kata karyawan bengkel mobil berusia 39 tahun, Alter Jastan.

Alter menambahkan bahwa dia linglung ketika jalan akhirnya ambruk, mengatakan bahwa itu adalah saat yang sangat menakutkan baginya. "Itu terjadi tepat di depan kita. Syukurlah tidak ada yang terluka," katanya.

Ketika ditanya apakah tanah longsor adalah kejadian biasa, Alter mengatakan bahwa yang sebelumnya terjadi tahun lalu dan pemilik toko di sekitarnya mengajukan keluhan. "Beberapa pemeliharaan ringan dilakukan tahun lalu. Tapi longsor ini yang terparah," katanya.

Sebelumnya juga pernah terjadi longsor di kawasan tersebut pada tahun 2017, namun dalam skala yang lebih kecil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Corona di Malaysia Terus Melandai, di Bawah 6.000 Kasus/Hari


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading