Dana PEN 2022 Tiba-tiba Jadi Rp 455 T, Karena Ibu Kota Baru?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
19 January 2022 13:16
KOMISI XI DPR RI RAPAT KERJA DENGAN MENTERI KEUANGAN RI, SRI MULYANI (Tangakapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Secara mengejutkan dana penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) tahun ini naik menjadi Rp 455,42 triliun. Padahal sebelumnya, dana PC PEN adalah sebesar Rp 414 triliun.

Hal ini terungkap dalam rapat kerja antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (19/1/2022)


Sri Mulyani menuturkan bahwa total anggaran tersebut meliputi klaster kesehatan Rp 122 triliun, perlindungan sosial Rp 154,8 triliun dan penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp 178,3 triliun.

"Di pemulihan ekonomi, penguatan ini kita harus betul-betul pragmatik mana yang harus bisa jalan," ujarnya.

Bendahara negara menjelaskan salah satu alasan kenaikan anggaran PC-PEN adalah dari sisi klaster kesehatan. "Ada sekitar Rp 23 T tagihan 2021 yang akan dilakukan di 2022," imbuhnya.

Sri Mulyani menambahkan, pada klaster penguatan ekonomi dimungkinkan terselip program pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Misal kalau kemaren KPUPR menyampaikan akan membuat jalan itu kalo memang mereka bisa eksekusi 2022 ini maka kita bisa anggarkan di Rp 178 ini. Itu yang akan coba kita lakukan. Kita akan lihat kesiapan KL kemampuan eksekusi dan dampak eko yang paling optimal sehingga kita berikan prioritas bisa pakai Rp 178 T," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perintah Jokowi ke Semua Menteri: Habiskan Sisa Anggaran!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading