Internasional

Arab Saudi Bombardir Sanaa Yaman, 14 Orang Tewas

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
18 January 2022 16:00
Asap mengepul dari gedung yang menampung berbagai media internasional, termasuk The Associated Press, setelah serangan udara Israel pada hari Sabtu, 15 Mei 2021 di Kota Gaza. Serangan itu terjadi kira-kira satu jam setelah militer Israel memerintahkan orang-orang untuk mengungsi dari gedung, yang juga menampung Al-Jazeera dan sejumlah kantor dan apartemen. Tidak ada penjelasan langsung mengapa bangunan itu menjadi sasaran. (Mahmud Hams /Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan udara koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Sanaa Yaman memakan korban, Senin (17/1/2022) malam waktu setempat. Kelompok Houthi mengkonfirmasi korban tewas sebanyak 14 orang.

Para korban berada di sebuah rumah mantan petinggi militer penting kelompok yang didukung oleh Iran tersebut. Petinggi militer tersebut bersama istri dan anaknya yang berusia 25 tahun juga turut menjadi korban.


Serangan ini sendiri merupakan serangan koalisi Arab Saudi yang paling mematikan sejak 2019. Serangan diambil sebagai balasan akibat serangan Houthi ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Senin siang.

Peristiwa terjadi di kawasan industri Musaffah yang juga dekat bandara internasional Abu Dhabi. Serangan itu menyebabkan kebakaran dan tiga ledakan truk tangki bahan bakar di dekat fasilitas penyimpanan Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi (ADNOC).

Pihak berwenang yakin serangan itu dilakukan oleh drone. Setidaknya tiga orang tewas, satu warga Pakistan dan dua India, sedangkan enam lain luka-luka.

"Kami berhak untuk menanggapi serangan teroris dan eskalasi kriminal," sebut pemerintah UEA dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara gerakan Houthi Yaman mengatakan bahwa militannya telah meluncurkan operasi militer di wilayah syekh Teluk. Kelompok ini berperang sejak 2015 telah dengan koalisi pimpinan Saudi yang mencakup UEA.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Timur Tengah Panas! Arab Saudi Balas Dendam, Bombardir Sanaa


(tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading