Internasional

Pantai Bikini-Penari Samba Seksi, 5 Kontroversi Arab Saudi

News - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
13 January 2022 16:30
Kontroversi kini muncul di Arab Saudi. Pasalnya, dalam sebuah festival di kerajaan, muncul penari samba berpakaian minim. (Tangkapan layar Twitter/Screengrab)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi kini benar-benar melakukan sejumlah reformasi kebijakan. Bahkan ada yang berlawan dengan sistem konservatif yang sudah menjadi gaya hidup berpuluh-puluh tahun negara itu, sehingga menimbulkan kontroversi.

Berikut kontroversi yang muncul di Arab Saudi, dikutip dari berbagai sumber:

1. Penari Samba Seksi


Kontroversi terbaru di Arab Saudi adalah muncul penari samba berpakaian minim yang memperlihatkan beberapa bagian tubuhnya dalam sebuah festival di kerajaan.

Mengutip Al-Araby, tiga penari asing muncul di Festival Musim Dingin Jazan. Dengan ditutupi bulu-bulu, mereka bergoyang memperlihatkan kaki, lengan dan perut secara terbuka.

Hal ini membuat heboh lantaran ditayangkan pula di TV pemerintah, El-Ekhbariya. Meski begitu, sejumlah bagian tubuh penari dikaburkan sebagai bentuk sensor.

Meski begitu, sejumlah warga mengatakan tak masalah dengan pertunjukan tersebut, sebab ini hanya sebatas hiburan.

"Pertunjukan adalah untuk menghibur. Bukan untuk menyerang hal-hal baik atau tradisi tau moral sosial," kata salah satu warga Mohammed al-Bajwi.

Namun ada juga yang menolaknya. Apalagi Arab Saudi menjadi tempat berdirinya dua situs paling suci umat Islam, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

"Kami telah lupa bahwa kami adalah negara Muslim. Ini telah memulai pelanggaran moral dan kesalahan yang tidak perlu," tulis seorang pengguna internet lain dikutip dari middleeasteye.net.

Sebagaimana diketahui kelompok konservatif kerap memberikan perlawanan. Di sisi lain, kritikus dan kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan kerajaan menggunakan acara olahraga dan hiburan besar untuk menutupi catatan buruk mereka termasuk pembunuhan dan pemotongan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.

2. Festival Musik hingga Pesta 'Dugem' Gede-Gedean

Sepanjang 2021, Arab Saudi diketahui banyak menyelenggarakan rangkaian pesta besar-besaran. Pada Desember, Arab Saudi menggelar pesta musik besar-besaran bertajuk MLDBeast Soundstorm.

Acara ini digelar di Riyadh pada Kamis (16/12/2021) hingga Minggu (19/12/2021). Kegiatan tersebut sukses menyedot 500 ribu pengunjung.

Dalam acara itu, terdapat sederet DJ terkemuka dunia yang hadir seperti adalah Afrojack, Benny Bennassi, Nancy Ajram dan Tiesto. Tak hanya itu, ada juga DJ lokal yang hadir seperti Dish Dash, Cosmicat dan Saud.

Festival ini sendiri merupakan salah satu dan rangkaian konser musik yang diizinkan dalam periode kepemimpinan Raja Salman. Sebelumnya, di tahun yang sama, Arab Saudi juga menggelar Riyadh Season 2021 dengan menampilkan rapper Pitbull dan musisi lainnya.

Belum lama ini juga ada Global Flock Festival yang berhasil digelar. Festival multinasional terbesar itu dibuka pada Rabu (27/10/2021) hingga 9 November 2021 lalu.

Selain festival, negeri padang pasir itu juga sedang membuka taman hiburan musiman. Taman hiburan yang bernama Winter Wonderland 2021 itu juga dipadati oleh keluarga yang membawa anak-anaknya. Bahkan, beberapa keluarga memutuskan untuk bolos kerja dan sekolah untuk memastikan mereka menjadi yang pertama memasuki zona tersebut.

Halaman 2 >>> Pantai Bikini

Pantai Bikini hingga Podcast Bahas Seksualitas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading