Internasional

Arab Saudi Geger, Penari Samba Seksi Muncul di Kerajaan

News - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
12 January 2022 17:00
Sejumlah sekolah samba dan warga lokal mengikuti perayaan Karnaval di Anhembi Sambadrome di  Sao Paulo, Brazil. (REUTERS/Paulo Whitaker)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi kini geger. Ini terkait pertunjukan tari samba dengan penari berpakaian minim di salah satu festival kerajaan.

Mengutip Al-Araby, tiga penari asing muncul di Festival Musim Dingin Jazan. Dengan ditutupi bulu-bulu, mereka bergoyang memperlihatkan kaki, lengan dan perut secara terbuka.




Hal ini membuat heboh lantaran ditayangkan pula di TV pemerintah, El-Ekhbariya. Meski begitu, sejumlah bagian tubuh penari dikaburkan sebagai bentuk sensor.

Gubernur Jazan, Pangeran Mohammed bin Nasser dilaporkan sudah memerintahkan penyelidikan. "Langkah-langkah diperlukan untuk mencegah semua penyalahgunaan," tegasnya dikutip dari media tersebut, Rabi (12/1/2021).

Di Arab Saudi, sebagian besar wanita lokal masih mengenakan jubah tradisional seperti jubah di depan umum. Meski begitu, sejumlah pelonggaran sudah dibuat negara ini sejak beberapa tahun belakangan.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman yang menjadi pemimpin de facto melakukan sejumlah reformasi untuk mendiversifikasi devisa negara dari minyak. Guna menarik inventasi asing dan wisatawan, berbagai acara hiburan dan olahraga mulai dari konser musik hingga bioskop sampai balapan mobil Grand Prix Formula Satu (F1), digelar di negara itu.

Meski begitu, kelompok konservatif kerap memberikan perlawanan. Di sisi lain, kritikus dan kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan kerajaan menggunakan acara olahraga dan hiburan besar untuk menutupi catatan buruk mereka termasuk pembunuhan dan pemotongan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018.

Sementara itu sejumlah warga mengaku tak masalah dengan penari samba tersebut. Salah satu warga yang pro mengatakan pertunjukan adalah untuk hiburan.

"Bukan untuk menyerang cara yang baik dan bertentangan dengan agama dan moral sosial," kata seorang warga Jazan, Mohammed al-Bajwi, dikutip media yang sama.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Penampakan Penari Samba Seksi Bikin Geger Arab Saudi


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading