Bukan Gegara Raffi Ahmad, Ini Pemicu Harga Tanah Andara Naik!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 January 2022 11:41
Rumah dijual di Green Andara Residences (Tangkapan Layar via rumacom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pamor kawasan Andara di Jakarta Selatan meningkat seiring dengan kehadiran selebritas sekaligus pengusaha Raffi Ahmad. Meskipun wilayahnya berada di pinggiran dan berbatasan dengan kota lain yakni Depok-Jakarta, namun kini Andara dinilai sebagai salah satu kawasan terpandang di wilayah Jakarta Selatan.

"Andara dulu ibaratnya belum ada Raffi Ahmad bukan apa-apa. Tapi (harga naik) balik lagi bukan gara-gara Raffi Ahmad, tapi karena ada tol yang sampai Sawangan," kata Ketua DPC Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jakarta Selatan Andria Dian Palupi kepada CNBC Indonesia, Kamis (13/1/22).

Kehadiran Raffi Ahmad memang lebih menaikkan pamor kawasan ini, namanya lebih sering terdengar karena Raffi mendapat julukan Sultan Andara. Namun, naiknya pamor tidak serta merta menaikkan harga tanah kawasan ini. Faktor terbesar kenaikan harga tanah karena hadirnya fasilitas baru yakni tol Depok-Antasari (Desari)


Tol Desari terbentang antara Sawangan Depok hingga bagian Selatan Antasari. Tol sepanjang 21 Km ini juga melintasi bagian Andara. Sejak diresmikan pada tahun 2018 lalu, harga tanah dan rumah di kawasan ini juga langsung merangkak naik.

Raffi Ahmad sempat mengaku sekarang harga tanah di Andara sampai Rp 30 juta per meter.

"Dulu harga Rp10 juta per m2, sekarang di atas itu bisa Rp15 juta per m2 lah," kata Senior Associate Director Era Indonesia itu.

Banderol tersebut juga bergantung pada lokasi dan wilayahnya, semakin strategis dengan mendekati tol maka harganya bisa lebih tinggi. Sebagai contoh, di OLX dijual tanah kavling di Andara dengan luas Rp 359m2. Pemilik membanderol dengan harga Rp 7 miliar, artinya harga tanah di wilayah itu bernilai Rp19,498 juta per m2.

"Persis sebelah tol Brigif, hanya 100 meter ke tol Brigif, hanya 500 meter ke Cilandak, Jakarta selatan, hunian asri dan mewah, banyak artis tinggal di sini," tulis penjual dilansir dari OLX.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Jadi Tetangga Raffi Ahmad & Rafathar? Rumah Ini Diobral!


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading