Rumah Kawasan Andara Menggila, Dulu Rp 2 M Kini Bisa Rp 5 M

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 January 2022 17:15
Rumah dijual di Green Andara Residences (Tangkapan Layar via rumacom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga rumah di kawasan Andara, Pondok Labu, Cilandak, Jaksel meningkat drastis dalam beberapa waktu terakhir. Penyebabnya ternyata bukan karena sosok selebritas dan pengusaha Raffi Ahmad, melainkan akibat munculnya infrastruktur baru di sekitar kawasan.

Kalangan broker memang mengakui bahwa secara pamor kawasan Andara meningkat akibat kehadiran Raffi, pasalnya dalam berbagai kesempatan ia kerap disebut sebagai Sultan Andara. Kini, harga rumah di kawasan Andara bisa naik 2 hingga 3 kali lipat.

"Harga rumah 200m2 harganya sekarang bisa Rp 5 miliar sampai Rp 6 miliar, dulu cuma Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar," kata Ketua DPC Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jakarta Selatan Andria Dian Palupi kepada CNBC Indonesia, Kamis (13/1/22).


Namun, kenaikan pamor tidak serta merta juga menaikkan harga properti. Kemudahan akses menjadi faktor utama wilayah perbatasan Jakarta-Depok seperti Andara kian diminati.

"Sunrise daerah-daerah properti yang bagus, dia alami kenaikan di situ," sebut Andria.

Faktor terbesar kenaikan harga tanah karena hadirnya fasilitas baru yakni tol Depok-Antasari (Desari). Tol Desari terbentang antara Sawangan Depok hingga bagian Selatan Antasari. Tol sepanjang 21 Km ini juga melintasi bagian Andara. Sejak diresmikan pada tahun 2018 lalu, harga tanah dan rumah di kawasan ini juga langsung merangkak naik.

"Andara dulu ibaratnya belum ada Raffi Ahmad bukan apa-apa. Tapi (harga naik) balik lagi bukan gara-gara Raffi Ahmad, tapi karena ada tol yang sampai Sawangan," sebut Andria.

Di situs jual beli properti Lamudi misalnya terdapat rumah di Green Andara Residences dengan harga Rp 6,5 miliar dengan Luas Tanah 180 m2 dan luas bangunan 270 m2 atau 2,5 lantai.

"Disertai 3 + 1 kamar tidur, 3+1 kamar Mandi, 2 carport. Fasilitas tersedia jaringan telepon, jaringan Internet, AC, toren, balkon serta dapur bersih & kotor, kolam Renang dalam rumah serta semi furnished," sebut Andria.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Orang Kaya BU, Tetangga Raffi Ahmad - Menteri Obral Rumah!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading