Jokowi Lantik Gubernur Lemhannas Jadi Dubes RI untuk Filipina

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 January 2022 11:06
Pelantikan Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI, Istana Negara, (12/1/2022). (Tangkapan layar youtube setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik tiga duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Letjen TNI Agus Widjodjo sebagai duta besar LBBP untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau berkedudukan di Manlla.

Agus Widjodjo merupakan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional. Selain itu, ada pula nama Sunarko, eks Danjen Kopassus yang dilantik sebagai duta besar LBPP untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.


Pelantikan Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI, Istana Negara, (12/1/2022). (Tangkapan layar youtube setpres RI)Foto: Pelantikan Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI, Istana Negara, (12/1/2022). (Tangkapan layar youtube setpres RI)

Proses pelantikan dan pengangkatan yang berlangsung selama sekitar 20 menit berjalan khidmat. Kepala negara tidak memberikan wejangan atau pesan-pesan tertentu dalam proses pelantikan belasan duta besar untuk negara sahabat itu.

Para pejabat yang dilantik bersumpah untuk tidak menggunakan nama atau jabatannya untuk menjanjikan sesuatu kepada orang lain, atau bahkan menerima secara langsung suatu janji atau pemberian.

"Demi Allah saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota LPSK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," jawab seluruh duta besar.

Berikut nama-nama duta besar luar biasa dan berkuasa penuh yang dilantik Jokowi"

1. Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum;

2. Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila; dan

3. Fientje Maritje Suebu, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Terima Surat Kepercayaan Dari 9 Dubes, Siapa Saja?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading