RI Mulai Vaksin Booster Hari Ini, China Sudah 331 Juta Dosis

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 January 2022 08:50
Atrian vaksin booster di Inggris. (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai hari ini, pemerintah Indonesia secara resmi memulai tahapan vaksinasi anti-virus corona dosis ketiga alias booster. Indonesia bukan yang pertama, berbagai negara sudah lebih dulu menyuntikkan booster ke lengan warganya.

"Mulai 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Saya memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin.


Virus corona yang terus bermutasi, kini hadir varian omicron yang jauh lebih mudah menular, membuat umat manusia berpacu dengan waktu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dua dosis dirasa belum lengkap, kini perlu ada dosis ketiga.

Khasiat booster terlihat nyata di sejumlah negara. Di India, sudah lebih dari satu juga orang menerima vaksin booster hingga awal pekan ini. Hasilnya, angka perawatan di rumah sakit relatif rendah meski kasus positif harian meningkat gara-gara varian Omicron.

Kementerian Kesehatan India mencatat, hanya 5-10% pasien positif varian Omicron yang harus dirawat di rumah sakit. Jauh lebih rendah ketimbang varian Delta yang meneror tahun lalu, di mana angka perawatan di rumah sakit mencapai 20-23%. Mereka yang terjangkit varian Omicron umumnya hanya mengalami gejala ringan dan bisa pulih dengan perawatan di rumah.

"Situasinya masih dinamis. Namun saat ini kebutuhan perawatan di rumah sakit sudah berubah drastis," tegas Rajesh Bhushan, Menteri Kesehatan India, sebagaimana diwartakan Reuters.

Halaman Selanjutnya --> China Paling Maju Soal Booster

China Paling Maju Soal Booster
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading