Internasional

Ada Bisik-bisik Tetangga: Batu Bara RI Sudah Menuju China!

News - sef, CNBC Indonesia
12 January 2022 10:55
Bongkar muat batu bara di China. (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Media China, Global Times menyebut ekspor batu bara Indonesia telah dilanjutkan secara bertahap. Selusin kapal disebut sudah berangkat sejak Senin (10/1/2022) malam menuju pelabuhan China.

Dikutip Rabu (12/1/2022), lusinan kapal lagi bakal datang beberapa hari mendatang. Sumber media itu mengatakan akan ada total 67 kapal.




"Dari 1 Januari hingga Senin, ekspor batu bara Indonesia ke China stagnan," tulis sumber media tersebut.

"Larangan itu dilonggarkan pada Senin malam, tetapi pihak Indonesia tidak merinci volume batu bara harian yang akan dikeluarkannya," katanya lagi yang disebut Global Times senior dalam industri ini dan berpartisipasi pembicaraan perdagangan dengan pihak Indonesia.



Ia pun mengatakan meski pengiriman batu bara dari Indonesia belum sepenuhnya dilanjutkan, masalah pasokan batu bara China pada dasarnya telah teratasi. Pembangkit listrik pesisir China memiliki stok yang cukup.

"Stok batu bara di pelabuhan China selatan dapat digunakan selama sekitar 19 hari," katanya lagi.

Sumber itu juga menyebut China akan melakukan diversifikasi sumber impor, termasuk pembelian dari Rusia. Sementara ekspor batu bara Mongolia ke China massif akan terbatas karena pandemi.

Data Administrasi Umum Kepabeanan China menunjukkan bahwa Negeri Tirai Bambu mengimpor 290 juta ton batu bara dari Januari hingga November tahun lalu. Indonesia memasok sekitar 61%.

Menurut laporan Reuters, Indonesia sudah mengizinkan 14 kapal bermuatan batubara untuk berangkat pada hari Senin. Ini menandakan pelonggaran larangan ekspor 1 Januari yang membuat harga batu bara global lebih tinggi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! China dan India Kompak Bawa 'Kabar Buruk' Buat RI


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading