Internasional

Gokil Xi Jinping! China Buat Bulan Buatan Demi 'Dewi Bulan'

News - sef, CNBC Indonesia
12 January 2022 10:05
Penampil berpakaian seperti petugas penyelamat berkumpul di sekitar bendera Partai Komunis selama pertunjukan gala menjelang peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China di Beijing (28/6/2021). (AP Photo/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC IndonesiaChina terus melakukan gebrakan baru. Teranyar, negeri itu dikabarkan tengah membuat bulan buatan.

Ini terkait pusat fasilitas penelitian yang mensimulasi lingkungan gravitasi rendah di bulan guna eksplorasi luar angkasa China. Fasilitas itu bereda di timur Xuzhou, provinsi Jiangsu.




Bulan mini dibuat negeri Xi Jinping itu, dengan diameter 60 cm (sekitar 2 kaki). "Ini yang pertama di dunia," kata Ilmuwan utama Li Ruilin, dari Universitas Pertambangan dan Teknologi China, sebagaimana diwartakan Media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP).

Ia mengatakan simulasi bulan itu merupakan tingkatan terbaru dari yang pernah dibuat di dunia. Bulan buatan China terdiri dari batu dan debu yang seringan bulan asli, yang memiliki gravitasi seperenam bumi, dengan didukug medan magnet.

"Simulator dapat membuat gravitasi menghilang", kata Li lagi.

Lebih lanjut Li mengatakan ide ini berasal dari eksperimen fisikawan kelahiran Rusia Andre Geim untuk melayangkan katak dengan magnet. Geim sendiri memenangkan Hadiah Nobel berkat inovasi ini.

"Beberapa eksperimen ... hanya membutuhkan beberapa detik )dalam simulator). Tapi yang lain bisa memakan waktu beberapa hari," jelas Li lagi.

China memang mulai berupaya menyaingi Amerika Serikat (AS) dalam 'perlombaan antariksa international'. China diketahui telah mengembangkan misi Chang'e, diambil dari nama dewi bulan dalam cerita tradisional negara itu.

Di 2019, China mendaratkan penjelajah di sisi jauh bulan. Pada 2020, China membawa sampel batuan kembali ke Bumi untuk pertama kalinya dalam 44 tahun.

China menargetkan mendaratkan astronot di bulan pada tahun 2030. Negara Xi Jinping ini juga akan mendirikan basis penelitian bulan bersama dengan Rusia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

8 Aturan 'Gila' China di Kepemimpinan Xi Jinping


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading