Internasional

Disaksikan Kim Jong Un, Korut Tembak Rudal Balistik 1000 Km

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 January 2022 12:05
Uji tembak rudal hipersonik di lokasi Korea Utara. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara (Korut) kembali menembakkan rudal hipersonik untuk kedua kalinya, dalam waktu kurang dari seminggu. Kegiatan ini disebut diawasi langsung oleh Pemimpin Korut Kim Jong Un.

"Rudal hipersonik meluncur mencapai target yang ditetapkan di perairan 1.000 km," kata kantor berita resmi Korea Central News Agency (KCNA), sebagaimana dikutip oleh AFP, Rabu (12/1/2022).


Foto-foto juga diposting di situs web Rodong Sinmun, surat kabar resmi Partai Buruh Korut. Diperlihatkan pula bagaimana Kim Jong Un mengenakan mantel kulit hitam panjang dan menggunakan teropong untuk menyaksikan peluncuran rudal dari platform penglihatan selulernya.

Gambar lain di Rodong Sinmun pun menunjukkan rudal meluncur dari darat saat hari masih fajar dengan kobaran api dan asap. Kim terlihat mendiskusikan grafik dengan pejabat berseragam.

Secara total, ini adalah uji coba rudal hipersonik ketiga yang dilaporkan Korut. Rudal hipersonik pertama kali diluncurkan pada September 2021 sementara yang kedua ditembak minggu lalu.

Peluncuran terakhir itu dilakukan saat Dewan Keamanan PBB bertemu di New York, Amerika Serikat (AS) untuk membahas uji coba rudal hipersonik kedua Korut. AS, Jepang, Prancis, Inggris, Irlandia, dan Albania telah mendesak Korut menghentikan tindakan yang mereka sebut "destabilisasi".

"Korut terus melakukan uji coba untuk mendiversifikasi persenjataan nuklirnya, tetapi peluncuran (kali ini) dilakukan pada hari pertemuan DK PBB untuk memaksimalkan dampak politiknya," kata seorang peneliti di Institut Riset Korea untuk Strategi Nasional, Shin Beom-chul.

Semenjak dipimpin Kim Jong Un, Korut telah memperlihatkan kemajuan pesat dalam teknologi militernya. Padahal negeri itu diberondong sanksi internasional.

Meskipun kesulitan ekonomi makin parah akibat pandemi Covid-19, Kim Jong Un mengatakan negaranya akan terus membangun kemampuan militernya. Pada tahun 2021, Korut yang bersenjata nuklir mengatakan telah berhasil menguji jenis baru rudal balistik baik yang diluncurkan dari kapal selam, rudal jelajah jarak jauh, hingga kereta api.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nuklir Korut Makin Gila, Kim Jong Un Tembak Rudal Hipersonik


(tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading