Gegara Omicron, Menteri Jokowi Jadi Batalkan Kebijakan Ini!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 January 2022 14:55
Cover Headline Sandiaga Uno

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan jalur perjalanan tervaksinasi alias Vaccinated Travel Lane (VTL) sejalan dengan meluasnya varian baru Covid-19 omicron.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengemukakan sebaran varian omicron membuat pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan kebijakan tersebut.

"Pemerintah akhirnya menunda pelaksanaan jalur VTL menyusul merebaknya mutasi Covid-19," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Selasa (11/1/2022).


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, saat ini terdapat 414 kasus Covid-19 di Indonesia, di mana mayoritasnya merupakan para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Dari data tersebut, sebanyak 31 orang teridentifikasi merupakan kasus transmisi lokal. Mereka yang terinfeksi virus yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan itu adalah mereka yang sudah tervaksinasi lengkap.

Sandiaga mengatakan, sektor pariwisata tanah air sejatinya sudah bisa bernapas setelah kegiatan usahanya kembali pulih pasca berbagai pengetatan yang diterapkan dalam dua tahun terakhir.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk mengendalikan pandemi demi menghindari penyebaran Covid-19 varian omicron yang sudah terdeteksi masuk ke Indonesia dengan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Kepatuhan terhadap protokol kesehatan turut memengaruhi pemulihan ekonomi tahun ini," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alert! Sudah 506 Pasien di RI Terpapar Covid-19 Omicron


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading