Harga Sembako Bikin Emosi, Mentan Ngaku Ada Dinamika

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 December 2021 14:05
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga-harga kebutuhan pokok semakin mahal dalam beberapa waktu terakhir. Mulai dari harga telur, bawang merah, cabai merah, cabai keriting, hingga cabai rawit merah.

Hal tersebut terungkap dalam catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga rata-rata nasional telur pada hari ini adalah Rp 30.100 per kilogram.

Sementara itu, harga bawang merah ukuran sedang mencapai Rp 30.100 per kilogram, cabai rawit hijau mencapai Rp 94.500 per kilogram, dan cabai rawit merah mencapai Rp 94.500 per kilogram.


Merespons hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengakui bahwa ada dinamika yang terjadi. Namun, Syahrul menjamin ketersediaan komoditas pangan strategis tetap terjaga.

"Natal dan tahun baru ada dinamika tapi ketersediaan sudah cukup," kata Syahrul saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/12/2021).

Syahrul mengakui bahwa memang terjadi kenaikan sejumlah harga pangan. Namun, pemerintah memastikan akan melakukan operasi pasar menjelang akhir tahun untuk menstabilisasi harga.

"Tentu ke depan itu akan dilakukan operasi pasar. Kemendag kami back up. Stok nasional aman," katanya.

"Ada dinamika pada kota tertentu saja. Ini hari ini saya akan coba lakukan intervensi, back up kementerian lain," tegasnya


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat Nih Janji Mendag: Januari Harga Telur Normal Lagi!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading