Catat Nih Janji Mendag: Januari Harga Telur Normal Lagi!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 December 2021 16:20
Menteri Perdagangan (Mendag), M. lutfi saat Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2021  (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi akhirnya angkat bicara mengenai sejumlah harga komoditas pangan strategis yang mengalami kenaikan cukup signifikkan.

Berbicara saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Lutfi mengakui ada beberapa komoditas pangan nasional yang mengalami kenaikan. Mulai dari minyak goreng, cabai, hingga telur.

"Yang minyak goreng kita sudah intervensi 11 juta liter akan kita gelontorkan supaya tercapai daya beli masyarakat," kata Lutfi, Kamis (30/12/2021).


Selain itu, Lutfi memastikan akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menyalurkan subsidi melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).

"Sedang dalam proses karena kita sudah uji coba mekanisme subsidi," kata Lutfi.

Lutfi kemudian angkat bicara mengenai kenaikan harga telur. Berdasarkan catatan otoritas perdagangan, harga telur sepanjang tahun ini memang berada di bawah harga acuan rata-rata Rp 24 ribu per kilogram.

"Sekarang naik karena jumlah akhir tahun ini, hotel, restoran buka. Jadi supply mengecil dan kedua dipake bansos. Ini yang penting karena bantu petani juga. Sekarang ini yang kita sedang kerjakan jadi nanti bulan Januari akan normal lagi,"

Selain harga telur, Lutfi juga mengakui harga ayam saat ini mengalami kenaikan. Namun, Lutfi menjamin harga ayam pada awal tahun depan kembali ke angka normal.

"Ayam sekarang lagi tinggi tapi Januari turun karena permintaannya turun jadi jumlahnya akan normal," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tok! DPR Setujui Anggaran Kemendag Rp2,38 Triliun di 2022


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading