Mentan SYL Ungkap Sederet Arahan Jokowi Kembangkan Jagung RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 October 2021 20:44
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Istana Kepresidenan

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas tentang Ekosistem Ketahanan Pangan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/10/2021). Turut hadir dalam rapat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam keterangan pers selepas rapat, Syahrul mengungkapkan rapat secara khusus membahas permasalahan seputar jagung, peternak ayam, dan lain sebagainya.

Menurut dia, upaya penguatan ekosistem pangan tersebut dilakukan dalam tiga tahap, yaitu budi daya, petik dan olah serta pemasaran.

Pada tahap pertama, yaitu budi daya, dilakukan pengembangan agar produktivitas komoditas jagung terus meningkat sehingga target produksi nasional terpenuhi bahkan melampau dari target.

Tahap kedua, yakni mengolah dan memetik atau mempascapanenkan sampai mengolah. Syahrul bilang mengolah itu artinya sudah dalam proses-proses sesuai kebutuhan, seperti ada untuk pakan dan lain-lain,.

Tahap ketiga adalah pemasaran.



"Jadi tiga tahap itu yang betul-betul Bapak Presiden minta supaya semua menteri, lebih khusus saya sebagai menteri pertanian, akan main di budi daya, dan bisa meningkatkan semua produktivitas jagung kita, khususnya di dalam menghadapi climate change, perubahan-perubahan anomali cuaca yang luar biasa, baik di secara nasional maupun secara global," ujar Syahrul.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Jokowi juga memerintahkan agar komoditas jagung dikembangkan lebih luas lagi, melampaui apa yang ada saat ini. Hasil produksi dari komoditas tersebut juga dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Kita tentu berharap bahwa produktivitas dan sesuai kebutuhan yang ada bisa kita imbangi. Dan Bapak Presiden, kalau ada lebih barulah kita lakukan eksportasi, melakukan ekspor untuk menjual hasil produksi kita," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mentan Pamer 'Kekebalan' Pertanian yang Tumbuh 14% di Q2-2021


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading