Siap-Siap, Lonjakan Mobilitas Libur Nataru Hari Ini & Besok!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 December 2021 10:30
Suasana lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Bandung menuju Jakarta pada hari terakhir libur panjang,  Minggu (1/11/2020).

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memprediksi ada lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022. Pengawasan pun diperketat oleh otoritas terkait supaya tidak terjadi gelombang ketiga Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan lonjakan mobilitas diperkirakan terjadi pada 23-24 Desember 2021 dan sejumlah skenario penanganan pun telah disiapkan.

"Ada tiga instruksi Presiden yaitu penanganan secara humanis, kolaborasi dan koordinasi, juga proaktif," kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (23/12/2021).


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, sektor darat menjadi krusial di masa libur Natal dan Tahun Baru, sehingga pengawasan di lapangan sangat penting.

"Apa yang terjadi di lapangan berbeda dengan di atas kertas. Untuk itu, petugas harus siap menghadapi dinamika situasi dan kondisi yang terjadi," katanya yang juga Koordinator Penanganan Nataru.

Dia mengapresiasi kepolisian dan TNI telah menyiapkan operasi lilin, penyediaan vaksinasi dan tes antigen di sejumlah titik, juga manajemen rekayasa lalu lintas.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada dua hal yang harus diantisipasi dalam penanganan mobilitas di sektor darat, yaitu penerapan protokol kesehatan di rest area dan penyediaan vaksin.

"Di rest area agar prokes dijaga supaya tidak terjadi penularan karena banyak orang yang membuka masker," katanya.

Sementara di lapangan, Korlantas dan Ditlantas Polda Jabar telah menyiapkan sejumlah skenario manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi lonjakan, mulai dari penerapan one way, pengalihan lalu lintas, contra flow, sistem buka tutup, penutupan rest area, dan sebagainya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Proyek Ambon New Port Rp5 T Dimulai Akhir 2022


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading