Menhub: Ada Transportasi Online, Konvensional Harus Berubah!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 October 2021 11:28
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di acara Kedatangan Dukungan Alat Kesehatan Covid-19 dari New York, 17 Agustus 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pelaku transportasi konvensional berubah. Ini karena perubahan yang tidak bisa dihindari sebagai imbas dari modernisasi.

"Sektor transportasi harus menyiapkan diri terhadap segala tantangan. Seperti saat ini lahirnya transportasi online. Ini menguntungkan konsumen tapi di sisi lain juga menjadi sentimen negatif," katanya dalam webinar, Jumat (8/10/2021).



Budi Karya mengatakan moda transportasi online menawarkan harga yang lebih murah sekaligus menciptakan pasar yang baru dan lapangan pekerjaan baru. Menurut dia, hal itu ini bisa berdampak kepada transportasi konvensional.

"Mereka (transportasi konvensional) harus berubah," ujarnya.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu bilang perubahan ini jangan dilihat sebagai ancaman. Ia harus jadi pendorong pengembangan sumber daya manusia, yang dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Selain itu, Budi Karya juga bicara mengenai pentingnya infrastruktur transportasi, untuk menghubungkan antarwilayah di Indonesia. Karena pertumbuhan sektor transportasi juga merangsang naiknya perekonomian dan membuat harga bahan baku di daerah semakin murah.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Budi Karya Pamer Keberhasilan Program Tol Laut Jokowi


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading