Internasional

RI Dikepung! Negara Tetangga Sudah pada Kemasukan Omicron

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 December 2021 13:30
People are dwarfed against the financial skyline as they take photos of the Merlion statue along the Marina Bay area in Singapore, Tuesday, June 30, 2020. (AP Photo/Yong Teck Lim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus infeksi akibat varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron terus muncul di berbagai belahan dunia. Tidak terkecuali dengan beberapa negara tetangga Indonesia.

Singapura, Malaysia, dan Australia sejauh ini sudah melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 terkait dengan varian yang dilaporkan pertama kali di wilayah Afrika Selatan (Afsel) ini. Bukan hanya kasus impor, ada pula yang melaporkan infeksi melalui transmisi lokal.


Singapura mengumumkan telah menemukan kasus Covid-19 Omicron di negeri itu, Kamis (2/12/2021). Kasus ini berasal dari penerbangan Singapore Airlines (SIA) SQ479 dari Afsel.

"Kedua kasus diisolasi setibanya di Singapura pada 1 Desember dan belum berinteraksi di masyarakat," kata kementerian kesehatan Singapura (MOH), dikutip dari Channel News Asia (CNA). "Saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini."

Kasus kini ditempatkan di pusat karantina, National Center for Infectious Diseases (NCID). Keduanya sudah divaksin lengkap dan memiliki gejala seperti batuk ringan serta tenggorokan gatal.

Secara rinci, kasus pertama Omicron yang ada di Singapura melibatkan penduduk tetap berusia 44 tahun. Ia tiba di Singapura dari Mozambik tetapi sempat transit di Johannesburg. Pada tes Covid-19 pra-keberangkatannya di Mozambik pada 29 November, ia dinyatakan negatif.

Kasus kedua terkait seorang wanita Singapura berusia 41 tahun yang datang dari Afsel. Tes pra-keberangkatannya di Johannesburg pada 29 November juga negatif Covid-19.

Selanjutnya pemerintah Malaysia mengumumkan adanya kasus Covid-19 Omicron di negaranya, Jumat (3/12/2021). Ini terkait seorang warga Afsel berusia 19 tahun. Ia datang melewati Singapura, 19 November.

"Siswa tersebut diberi perintah karantina wajib dan tidak menunjukkan gejala apa pun," tulis media The Vibes, dikutip dari Twitter.

Hal ini menyebabkan Kementerian Kesehatan Malaysia melarang sementara travel bubble kedua negara di Langkawi, daerah wisata Negeri Jiran. Sebelumnya, Malaysia sudah melarang masuk pendatang dari tujuh negara Afrika, yakni Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afsel dan Zimbabwe karena varian omicron.

Terakhir ada Australia. Negeri Kanguru baru saja mengkonfirmasi adanya penularan dan infeksi secara lokal akibat varian baru virus corona Omicron dalam komunitas, Jumat.

Kasus infeksi Omicron pertama muncul seorang siswa sekolah dari Sydney. Menurut pihak berwenang negara bagian New South Wales (NSW), siswa tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.

"Transmisi selalu menjadi perhatian, tetapi sekali lagi kita perlu menjaganya dalam perspektif," kata Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard.

"Di seluruh dunia tidak ada kejelasan tentang apakah varian khusus ini akan menyebabkan kita mendekati masalah yang disebabkan oleh varian sebelumnya."

Australia kini memiliki sembilan kasus yang dikonfirmasi dari varian Omicron. Sebanyak delapan kasus muncul di New South Wales, tempat sepertiga dari 25 juta penduduk negara itu tinggal.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading