Internasional

Alert! Jepang Kebobolan Covid Omicron, Satu Kasus Ditemukan

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
30 November 2021 14:36
Passengers pass through the gates of a subway station in Tokyo, Friday, Aug. 6, 2021. A man stabbed four passengers with a knife on a Tokyo subway on Friday and was arrested by police after fleeing, a railway official and news reports said. (AP Photo/Kantaro Komiya)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jepang pada Selasa, (30/11/2021) mengumumkan telah menemukan satu kasus infeksi virus Covid-19 Varian Omicron di negaranya. Infeksi itu didapatkan secara impor.

Mengutip Japan Times, kasus pertama Omicron di Negeri Sakura itu didapatkan dari seorang diplomat Namibia berusia 30-an yang tiba di Bandara Narita, Tokyo.

"Seorang diplomat Namibia berusia 30-an telah ditemukan terinfeksi dengan varian yang sangat bermutasi setelah ia dites positif terkena virus corona di Bandara Narita dekat Tokyo pada saat kedatangannya pada hari Minggu," kata sumber pemerintah itu.


Jepang sendiri telah menutup kembali perbatasannya mulai 30 November 2021. Langkah ini diambil guna mencegah mewabahnya virus corona B.1.1.529 atau Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan (Afsel).

"Kami akan melarang masuknya (baru) orang asing dari seluruh dunia mulai 30 November," kata Perdana Menteri Fumio Kishida kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Aturan ini disebut tak akan berlaku bagi orang pemegang residensi Jepang yang dalam perjalanan kembali. Mereka dan warga Jepang dapat tetap masuk dengan aturan karantina ketat.

WHO sendiri telah menetapkan Omicron atau B.1.1.529  sebagai variant of concern (VOC) pada Jumat lalu. Saat ini, penelitian mengenai varian yang membawa 32 mutasi protein lonjakan itu masih diteliti oleh ilmuwan dunia untuk mengetahui dampak penularan dan kekuatan penyebarannya.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading