Internasional

Awas! Covid-19 Varian Baru Omicron Sudah Masuk Negara Ini

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 November 2021 20:30
Protestors make noise during a demonstration against COVID-19 restrictions outside a ministry building where caretaker Prime Minister Mark Rutte and caretaker Health Minister Hugo de Jonge announced an extension of the partial lockdown in The Hague, Netherlands, Friday, Nov. 26, 2021. (AP Photo/Peter Dejong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona varian B.1.1.529 atau Omicron sebagai "varian yang mengkhawatirkan" (variant of concern/ VOC) sejak Jumat (26/11/2021).

WHO menyebut bahwa varian baru ini kemungkinan akan menyebar lebih cepat daripada varian lain sebelumnya, dan sejauh ini kurang dari 100 urutan sampel telah dilaporkan.

Omicron, yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, disebut-sebut sebagai varian yang memiliki banyak strain atau mutasi. Jumlahnya melebihi strain dari varian Alpha, Beta, hingga Delta yang masih mendominasi saat ini.


Omicron awalnya dikonfirmasi di Afrika Selatan (Afsel). Sebagian besar kasus di Afsel juga berasal dari provinsi terpadatnya, Gauteng, di mana Johannesburg adalah ibu kotanya. Tiga kasus infeksi juga dilaporkan di Botswana.

Diketahui Omicron juga sudah terdeteksi di beberapa wilayah dan negara lain. Berikut daftarnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Hong Kong

Kasus varian Omicron di Hong Kong muncul melalui seorang pelancong yang datang dari Afsel. Selain itu, ada juga kasus lainnya diidentifikasi pada pelancong yang baru melakukan perjalanan dari Karantina.

Menurut pemerintah Hong Kong, Kamis (25/11/2021), kedua pelancong ini dikarantina di hotel yang sama dengan kamar yang berseberangan.

Disinyalir pelancong dari Afsel menggunakan masker dengan katup yang tidak menyaring udara dan mungkin telah menularkan virus ke tetangganya ketika pintu kamar hotel terbuka.

Dua belas orang yang tinggal di kamar yang dekat dengan dua pelancong kini harus menjalani karantina wajib 14 hari di fasilitas pemerintah.

Belgia

Belgia telah mengkonfirmasi kasus varian Omicron. Ahli virologi terkemuka Marc Van Ranst, yang bekerja dengan Rega Institute for Medical Research, mengatakan sampel dikonfirmasi sebagai varian novel B.1.1.529 pada seorang pelancong yang kembali dari Mesir pada 11 November. Pasien pertama kali menunjukkan gejala pada 22 November.

Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke mengatakan kepada wartawan bahwa individu itu tidak divaksinasi.

"Ini adalah varian yang mencurigakan. Kami tidak tahu apakah itu varian yang sangat berbahaya," kata Vandenbroucke, dikutip dari Reuters.

Israel

Israel telah mengidentifikasi kasus varian Covid-19 dengan sejumlah besar mutasi yang pertama kali terdeteksi di Afsel, menurut kementerian kesehatan, Jumat (27/11/2021).

"Varian yang ditemukan di negara-negara Afrika selatan telah diidentifikasi di Israel," kata kementerian kesehatan.

Mereka juga mengatakan kasus itu tercatat "pada seseorang yang kembali dari Malawi," dengan "dua kasus lagi orang yang kembali dari luar negeri" ditempatkan di karantina.

Belanda

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan bahwa 61 orang yang tiba di Amsterdam dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan pada Jumat dinyatakan positif Covid-19.

Mereka mulai melakukan pengujian lebih lanjut pada Sabtu pagi untuk melihat apakah ada infeksi dengan varian virus corona Omicron. Kementerian Kesehatan Belanda kemudian mengatakan Sabtu pagi 61 tes kembali positif.

"Wisatawan dengan hasil tes positif akan ditempatkan dalam isolasi di sebuah hotel di atau dekat Schiphol," kata otoritas kesehatan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

"Dari hasil tes positif, kami sedang meneliti secepat mungkin apakah itu varian baru yang menjadi perhatian, sekarang bernama 'Omicron'," tambahnya.

Jerman

Seorang pejabat regional Jerman mengatakan otoritas kesehatan telah mengidentifikasi kasus dugaan pertama di negara varian Covid-19 baru, pada seseorang yang kembali dari Afrika Selatan, Sabtu.

"Varian Omicron kemungkinan besar sudah tiba di Jerman," kata Kai Klose, menteri urusan sosial di negara bagian barat Hesse, mencuit, merujuk pada jenis yang pertama kali terdeteksi di Afrika selatan, dikutip dari AFP.

Klose mengatakan bahwa tes Jumat malam pada pelancong yang telah kembali ke Jerman dari Afrika Selatan mengungkapkan "beberapa mutasi khas Omicron".

"Karena ada kecurigaan yang kuat, orang tersebut telah diisolasi di rumah. Urutan lengkapnya masih harus diselesaikan," tambahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading