TASPEN Beberkan Pengelolaan Dana Pensiun ASN di Forum Asia

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 November 2021 19:32
Taspen

Jakarta, CNBC Indonesia - PT TASPEN (Persero) menjadi perwakilan Indonesia dalam Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang dilaksanakan secara online dan offline di Jeju, Korea Selatan, pada 22-23 November 2021. Acara tersebut digelar oleh Government Employee Pension Service (GEPS) Korea. Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan, pihaknya memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi para peserta.

"Banyak inovasi berkelanjutan yang sudah TASPEN lakukan di tahun 2021, terutama selama masa pandemi Covid-19. Inovasi-inovasi digitalisasi layanan ini adalah sebuah bentuk dari Continuous Improvement TASPEN untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para peserta," ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/2021).

CEO of GEPS Hwang Seo Chong memberikan apresiasi atas kehadiran para profesional dan peserta GEPS. Dia mengatakan dengan kegiatan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) 2021, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para negara-negara di Asia untuk menjalin hubungan baik dan memahami tren terbaru reformasi pengelolaan jaminan sosial ASN.


"Selain itu bagaimana bisa menemukan penyelesaian masalah bersama-sama dan menerapkan strategi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun ASN terutama di tengah situasi pandemi COVID-19," lanjut dia.

Diketahui, acara dihadiri para profesional untuk berbagi pengetahuan, wawasan, dan pengalamannya. Di antaranya CEO GEPS Korea Hwang Seo Chong, Prof. Mukul G. Asher dari University of Singapore, Prof. Cho Young Tae dari Seoul National University, Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih, Director GPF Thailand Pisut Sampatanukul, Director KWAP Malaysia Muhamad Hafiz Abas, dan Executive Vice President GSIS Philippines Nora M. Malubay.

Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan dua sesi pemaparan presentasi oleh para profesional. Setelah itu forum dilanjutkan dengan sesi ketiga di Kantor Pusat GEPS dengan agenda rapat tertutup.

Sebagai informasi, TASPEN merupakan BUMN yang mengelola Jaminan Sosial bagi para ASN dan Pejabat Negara di Indonesia dengan 4 program unggulan, terdiri dari Program Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian. Lebih dari 58 tahun TASPEN melakukan inovasi layanan untuk kemudahan para peserta, dan fokus dalam melayani ASN, Pejabat Negara, dan Non ASN pada Instansi Pemerintah.

Selama masa pandemi, TASPEN menerapkan layanan digital dengan menghadirkan digital otentikasi. Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading