Internasional

Tiba-tiba Kamala Harris Jadi 'Presiden AS', Ada Apa Biden?

News - sef, CNBC Indonesia
21 November 2021 06:30
U.S. Vice President Kamala Harris attends a joint news conference with Singapore's Prime Minister Lee Hsien Loong in Singapore Monday, Aug. 23, 2021. (Evelyn Hockstein/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba-tiba mengalihkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris, Jumat (19/11/2021).

Hal tersebut membuat Kamala menjadi 'pejabat Presiden' wanita pertama Sabtu (20/11/2021) dan bekerja di West Wing Gedung Putih, unit kerja presiden AS.


Bahkan surat khusus diberikan Biden kepada Harris. Biden, yang berusia 79 tahun harus melakukan pemeriksaan fisik rutin tahunan pertamanya sejak menjabat dan akan dianastesi.

"Hari ini saya akan menjalani prosedur medis rutin yang memerlukan obat penenang. Mengingat keadaan saat ini, saya telah memutuskan untuk mengalihkan sementara kekuasaan dan tugas kantor Presiden AS kepada Wakil Presiden selama periode singkat prosedur dan pemulihannya," kata Biden dimuat CNN Internasional.

Kewenangan sebagai presiden dimiliki Harris selama satu jam 25 menit. Ini juga hal rutin yang dilakukan wakil presiden saat presiden menjalani prosedur medis yang membutuhkan anastesi.

Hal senada juga diakui Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki. Ia juga mengabarkan kondisi Biden yang dirawat di rumah sakit militer Walter Reed.

"@POTUS (Presiden AS) berbicara dengan @VP (Wapres) dan @WHCOS sekitar pukul 11:35 pagi ini. ... Dia akan tetap di Walter Reed saat dia menyelesaikan sisa pemeriksaan fisik rutinnya," cuit Juru Bicara Jen Psaki .

Biden adalah presiden masa jabatan pertama tertua dalam sejarah AS. Sebelumnya hal sama juga pernah terjadi di masa George W. Bush, saat Wakil Presiden Dick Cheney mendapatkan kewenangan presiden beberapa kali akibat dirinya menjalani kolonoskopi rutin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gak Batal, Wapres AS ke Vietnam Meski Ada Isu Sakit Misterius


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading