Internasional

Kronologi Kamala Harris Jadi 'Presiden AS' Gantikan Biden

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 November 2021 13:00
U.S. Vice President Kamala Harris attends a joint news conference with Singapore's Prime Minister Lee Hsien Loong in Singapore Monday, Aug. 23, 2021. (Evelyn Hockstein/Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah hal tidak bisa terjadi di Amerika Serikat (AS). Pada Jumat, (19/11/2021), Presiden Joe Biden tiba-tiba mengalihkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris. 

Hal ini sontak membuat Kamala menjadi 'pejabat Presiden' wanita pertama dan bekerja di West Wing Gedung Putih, unit kerja presiden AS. Lalu bagaimana Kamala tiba-tiba bisa menjadi 'Presiden' negara adidaya itu?


Hal ini disebabkan karena Biden harus melakukan pemeriksaan fisik rutin tahunan pertamanya sejak menjabat dan akan dianastesi. Prosedur ini membutuhkan penanganan medis yang intens dan rutin selama 85 menit.

"Mengingat keadaan saat ini, saya telah memutuskan untuk mengalihkan sementara kekuasaan dan tugas kantor Presiden AS kepada Wakil Presiden selama periode singkat prosedur dan pemulihannya," kata Biden dimuat CNN Internasional.

Biden sendiri menjadi presiden aktif tertua dalam sejarah Negeri Paman Sam. Pria yang pernah menjadi Wakil Presiden di era Obama itu saat ini telah menginjak usia 79 tahun.

Perpindahan tongkat kekuasaan ini sendiri merupakan prosedur yang pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah AS. Hal sama juga pernah terjadi saat era presiden George W. Bush. Saat itu, Wakil Presiden Dick Cheney mendapatkan kewenangan presiden beberapa kali akibat Bush yang menjalani kolonoskopi rutin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Biden-Xi Jinping Cuap-Cuap, Ini Poin Krusial Sektor Ekonomi


(tps/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading