Gaji PNS Pajak Wawan Ridwan Vs Hasil Korupsi, Gedean Mana Ya?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
12 November 2021 13:45
Cover Headline, Korupsi

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama besar Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan kembali tercoreng. Pejabatnya yang dipercaya untuk menjadi pengumpul keuangan negara justru melakukan tindakan yang merugikan negara dan terciduk oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Pejabat DJP yang terciduk ini adalah Wawan Ridwan. Ia diketahui menerima suap ketika menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bantaeng Sulawesi Selatan.


Penangkapan Wawan Ridwan merupakan pengembangan dari perkara yang sebelumnya menjerat eks pejabat Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji dan Dadan Ramdani yang didakwa menerima suap Rp 57 miliar.

Sebagai pejabat yang memimpin salah satu kantor pajak, Wawan tercatat sebagai eselon III yang pada umumnya berada pada golongan gaji 3D-4B. Artinya, penghasilan yang diterima Wawan nilainya cukup fantastis.

Seperti diketahui, penghasilan yang diterima oleh seluruh PNS di Indonesia sama nilainya dengan golongan yang setara. Yang membedakan adalah tunjangan jabatannya dan kinerja, dimana tunjangan terbesar untuk PNS ada di DJP.

Tunjangan Kinerja DJP tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 37 tahun 2015. Di mana tunjangan terendahnya ditetapkan sebesar Rp 5.361.800 untuk level jabatan pelaksana dan tertinggi sebesar Rp 117.375.000 untuk level eselon I atau Direktur Jenderal Pajak.

Untuk Wawan yang berada di level eselon III, tunjangan jabatan yang diterima sekitar Rp 46.478.000 juta per bulan. Besaran tunjangan yang ditetapkan dalam Perpres 37 tahun 2015 tersebut tidak termasuk gaji pokok. Untuk Wawan yang berada di golongan kisaran IIId - 4b, gaji pokoknya minimal Rp Rp 2.920.800 dan maksimal Rp 5.211.500.

Penghasilan itu juga belum termasuk tunjangan kinerja jika Kantor KPP yang dipimpinnya bisa memenuhi target penerimaan, maka tidak mustahil tunjangan kinerja (tukin) yang didapat mencapai 80% sampai 90%.

Artinya, penghasilan Wawan per bulannya bisa tembus Rp 50 juta per bulannya. Tentu besaran ini jauh lebih tinggi dibandingkan PNS instansi lain yang berada di level yang sama.

Segini Jumlah Uang untuk Suap Wawan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading