6 Pabrik Mobil Happy, Nikmati Program Diskon Mobil Baru!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 November 2021 14:05
Ilustrasi Mobil

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumen pembeli mobil baru sudah banyak menikmati fasilitas insentif relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100%. Hal ini terlihat dari anggaran yang terserap sudah lebih dari separuh yang ditetapkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan tahun ini penjualan otomotif membaik dibandingkan 2020. Salah satunya dorongan dari relaksasi PPnBM Ditanggung pemerintah yang diperpanjang sampai akhir tahun yang berlaku sejak Maret 2021.

"Pemerintah juga chip in ke sektor ini dari PPnBM yang dianggarkan sebesar Rp 2,99 triliun, mendekati Rp 3 triliun, sekarang realisasinya sudah Rp 1,73 triliun, Ini dinikmati 6 pabrikan," jelasnya dalam sambutan GIIAS 2021, di Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021).


Ia berharap penjualan mobil pada tahun ini mencapai 850 ribu unit, dari dari tahun sebelumnya yang hanya 530 ribu unit. Sementara ekspor mobil dapat menyentuh angka 300 ribu unit naik dari tahun sebelumnya yang harga 220 ribu unit.

Mantan Menteri Perindustrian itu juga mengatakan pengendalian pandemi Covid - 19 di Indonesia menjadi kunci ekonomi Indonesia bisa tumbuh. Dia optimistis tutup tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4% year on year, dengan syarat tidak ada lonjakan kasus lagi di akhir tahun.

"Ilmu Gas dan Rem membuat pengendalian perekonomian dan angka penularan Covid - 19 berimbang. Pada Q4 ini Insya Allah Covid - 19 melandai namun kita harus tetap jaga kapasitas kesehatan kita," katanya.

"Dengan angka ini kita optimis di Q4 kita bisa capai pertumbuhan di atas 5%, sehingga pada year on year adalah 4%," jelas Airlangga.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Alasan Pemerintah Perpanjang Diskon Pajak 0% Mobil Baru


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading