Anak 12 Tahun Mau Staycation di Hotel Wajib Antigen & PCR

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
02 November 2021 18:12
Sejumlah warga melakukan aktivitas didalam Lippo Mal Puri, Kembangan, Jakarta, Selasa (21/9/2021). Pemerintah melakukan penyesuaian aktivitas masyarakat dalam ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru, yang berlaku dua pekan sampai 4 Oktober 2021. Salah satunya yaitu uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/ mal bagi anak-anak di bawah 12 tahun. Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/Mall bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua,

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali mengeluarkan pembatasan kegiatan selama perpanjangan PPKM hingga 15 September mendatang. Ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 57/2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Jawa-Bali.

Dalam aturan ini yang diatur adalah mengenai kegiatan luar rumah yang bisa dilakukan oleh anak di bawah 12 tahun. Aturan ini berdasarkan dengan level PPKM wilayah masing-masing.

Untuk wilayah yang masuk PPKM level 3, anak di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan untuk masuk ke pusat perbelanjaan seperti mall dan juga bioskop. Tidak hanya itu, anak usia di bawah 12 tahun juga tidak bisa sembarangan masuk hotel.

Ditekankan, untuk orang tua yang berencana membawa anaknya yang berusia di bawah 12 tahun menginap di hotel harus melampirkan syarat tes PCR atau antigen.

"Pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial seperti perhotelan non penanganan karantina, anak usia dibawah 12 (dua belas) tahun harus menunjukkan hasilĀ negatif Antigen (H-1)/PCR (H-2)," tulis aturan tersebut, dikutip Selasa (2/11/2021).

Selain itu, aturan lainnya untuk menginap di hotel untuk wilayah PPKM Level 3 adalah wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk melakukan skrining terhadap pengunjung.



[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading