Alert! Kasus Harian & Kematian Akibat Covid Rusia Rekor Terus

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 October 2021 17:50
A medical specialist browses medications at the City Clinical Hospital named after S.Botkin, where patients suffering from the coronavirus disease (COVID-19) are treated, in Oryol, Russia October 26, 2021. REUTERS/Maxim Shemetov

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia kembali melaporkan rekor jumlah kasus infeksi dan kematian harian akibat Covid-19. Rekor ini muncul ketika Moskow menutup layanan yang tidak penting selama 11 hari guna memerangi lonjakan Covid-19.

Dilansir dari AFP, penghitungan resmi pemerintah melaporkan 40.096 kasus baru dan 1.159 kematian pada, Kamis (28/10/2021). Rusia jadi salah satu negara yang paling terpukul di Eropa karena tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah.

Selain itu, Rusia menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki total kasus kematian tertinggi di kawasan tersebut.

Kasus Covid-19 di Rusia tertinggi kelima di dunia dengan lebih dari 8,3 juta infeksi sejak awal pandemi. Lonjakan kasus Covid-19 belakangan dipicu varian Delta yang lebih menular dan tingkat vaksinasi Covid-19 yang sangat rendah.

Presiden Vladimir Putin menginstruksikan para pemimpin regional untuk memerintahkan restoran tutup antara pukul 11 malam dan pukul 6 pagi dan melarang semua acara hiburan pada Senin lalu.



Setidaknya satu wilayah Rusia juga memberlakukan jam malam selama periode "tidak bekerja" 10 hari. Moskow, pusat penyebaran Covid-19 di Rusia, akan memasuki periode "tidak bekerja" Kamis ini. Semua bisnis dan layanan, kecuali toko kelontong dan apotek, akan ditangguhkan.

Hanya sekitar 36% orang Rusia yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 meskipun tersedia empat vaksin buatan sendiri dan beberapa daerah mewajibkan suntikan untuk segmen populasi tertentu.

Anna Popova selaku Kepala Pengawas Kesehatan Federal mengataka, seluruh wilayah Rusia di 11 zona waktu kini telah mewajibkan vaksin Covid-19 untuk kategori pekerja tertentu. Sejak itu, sejumlah wilayah termasuk Moskow, melaporkan peningkatan level vaksinasi.

Rusia kini memiliki total 8.392.697 kasus infeksi dan 235.057 kasus kematian, menurut data Worldometers.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading